Review Proyek Sains Model Sel Hewan

Review proyek sains model sel hewan – Model sel hewan merupakan salah satu media pembelajaran IPA di kelas VII SMP/MTs. Sebuah media belajar 3 D yang terbuat dari berbagai bahan, seperti plastisin.dan bahan lainnya. Berikut ini tinjauan terhadap tugas proyek sains siswa membuat model sel hewan.

model,sel hewan,media 3d
Model sel hewan dilihat dari samping (matrapendidikan.com)

Model sel hewan ini digunakan dalam pembelajaran pada materi struktur sel hewan. Melalui model ini siswa dapat memahami lebih mudah tentang struktur sel terutama sel hewan.

Siswa sudah tahu teori tentang sel dan strukturnya. Sel itu terdiri dari 3 bagian utama yaitu sitoplasma, membran dan inti sel. Masing-masing bagian ini sudah diketahui siswa, baik fungsi maupun bentuknya. Bagaimana dengan modelnya?

Model sel hewan dapat dibuat oleh siswa melalui tugas di rumah yang lazim disebut proyek sains sel hewan. Siswa mengerjakan tugas proyek ini perorangan maupun secara berkelompok. Namun mengingat bahwa siswa baru kelas VII maka lebih baik ditugaskan secara berkelompok.

Model sel hewan memang benar dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memahami struktur sel hewan. Namun dalam penugasannya kepada siswa mungkin lebih efektif secara berkelompok. Hal ini disebabkan karena pengerjaan model sel hewan membutuhkan ketelitian, kecermatan dan kesabaran.

sel hewan,model sel,media belajar,3D
Model sel hewan dilihat dari depan (matrapendidikan.com)

Jika ditugaskan kepada siswa secara perorangan dan dikerjakan di rumah, diperkirakan akan melibatkan orangtua atau saudara siswa. Bukan mustahil tugas proyek tersebut menjadi tugas proyek orangtua siswa.

Orangtua atau saudara siswa memang perlu terlibat dalam pembuatan tugas model sel hewan.Tentu saja, keterlibatan itu sebaiknya dalam masalah teknis pengerjaan. Orangtua atau saudara siswa berperan membimbing anak dalam masalah teknis pembuatan

Misalnya menjadi mediator anak dalam mencari panduan di buku atau jaringan internet. Berdasarkan panduan tersebut anak langsung mengerjakan dengan tangan sendiri. Orangtua atau saudara berperan untuk memberikan petunjuk atau bimbingan.

Selain itu, orangtua atau saudara siswa juga menjadi fasilitator alat dan bahan. Alat yang digunakan antara lain; pisau cutter/gunting, mistar, jangka, jarum pentul, spidol. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah:  bola plastik, lilin mainan, gabus, lem.
Demikianlah tinjauan terhadap proyek sains siswa kelas VII SMP  tentang model sel hewan.

0 Response to "Review Proyek Sains Model Sel Hewan"

Posting Komentar