Begini Tanggung Jawab Siswa dalam Pendidikan

Begini tanggung jawab siswa dalam pendidikan – Subjek tanggung jawab pendidikan anak ada di tangan orangtua, pihak sekolah dan pemerintah. Namun sebagai objek sekaligus subjek pendidikan, siswa juga memiliki tanggung jawab dalam proses pendidikan tersebut. Demikian intisari amanat pembina upacara Hasma Umneti, S.Pd.I pada upacara bendera di UPT SMPN 2 Lintau Buo, Senin (11/02)

tanggung jawab,siswa,rumah,sekolah
Ilustrasi siswa (pexels.com)

Tanggung jawab siswa dalam proses pendidikan meliputi tanggung jawab terhadap diri, orangtua dan terhadap sekolah.

“Siswa perlu memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya, orangtua, teman dan guru di sekolah.” tutur guru bahasa Inggris yang aktif memberikan bimbingan belajar bahasa Inggris gratis ini di sekolah.

Di rumah, siswa memiliki tanggung jawab terhadap orangtua. Hormat dan patuh pada orangtua, mengerjakan pekerjaan yang dapat dilakukan dan sesuai kemampuannya. Mengulang pelajaran di rumah atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di sekolah.

Sementara di sekolah, siswa memiliki tanggung jawab terhadap dirinya, teman dan guru. Tanggung jawab terhadap dirinya adalah belajar dengan baik, mematuhi aturan dan disiplin belajar di sekolah, seperti berpakaian, bersikap dan bertingkah laku.

Tanggungjawab terhadap teman dan guru antara lain menghargai teman dan menghormati guru sebagaimana lazimnya. Melaksanakan tugas piket harian dan tugas-tugas lainnya di sekolah.

Selain itu tugas siswa terhadap dirinya di sekolah adalah melaksanakan shalat berjamaah, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

Di lingkungan masyarakat, siswa juga memiliki tanggung jawab untuk memelihara keamanan. Paling tidak siswa tidak menimbulkan permasalahan bagi masyarakat dimana ia berada. Berlaku sebagai seorang pelajar dengan tingkah laku dan perbuatan yang baik.
Namun yang lebih penting adalah tanggung jawab diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan segala kewajiban sesuai dengan rukun islam.

0 Response to "Begini Tanggung Jawab Siswa dalam Pendidikan"

Posting Komentar