Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Mengkonsumsi Buah Salak

Kandungan nutrisi serta manfaat mengkonsumsi buah salak – Salak termasuk tumbuhan biji tunggal (monokotil) dan tertutup (Angiospermae). Biji salak tertutup oleh daging buah. Daging buah yang tebal terasa manis namun ada juga yang terasa asam dan sepat sehingga kita harus memilih buah salak yang manis jika menginginkannya.

manfaat,kandungan,buah salak
Buah salak (matrapendidikan.com)

Buah salak ditutupi oleh kulit bersisik dan ini menjadi salah satu alasan orang enggan untuk mengkonnnsumsi buah salak. Jika tidak hati-hati membuka kulitnya, tangan bisa terluka oleh sisik kulit salak.

Mengkonsumsi buah salak ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena buah salah mengandung zat dan nutrisi penting bagi tubuh. Selain mengandung serat yang tinggi, buah salak memiliki aneka  nutrisi.

Buah salak mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral (zat besi, fosfor, kalsium, kalium,dll) dan vitamin. Selain itu juga terdapat zat kimia pektin, potasium, betakaroten, tanin, saponin, flavonoid.

Serat yang tinggi

Riset tentang buah salak menunjukkan bahwa serat yang tinggi dalam buah salak akan menimbulkan efek kenyang lebih lama sehingga membantu dalam menjalankan program diet.

Tanin pada kulit ari salak

Kandungan tanin serta zat lain saponin, beta karoten, flavonoid dan kalsium akan membantu dalam mengatasi masalah perut dan menyehatkan perut. Tanin yang terdapat pada kulit ari buah salak dapat mengatasi masalah diare. Oleh sebab itu jangan membuang kulit ari buah salak ketika hendak mengkonsiumsinya untuk mengatasi masalah diare..

Betakaroten sehatkan mata

Beta karoten pada buah salak juga menyehatkan mata. Oleh sebab itu untuk menyehatkan mata cukup bagus mengkonsumsi buah salak di samping wortel, mangga dan semangka.

Kinerja saraf otonom

Kalium, potasium dan pektin sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potasium dapat meningkatkan kinerja saraf otonom sehingga meningkatkan daya fungsi kerja orak, mengontrol detak jantung dan fungsi fisiologis lainnya.

Pektin cegah sel kanker

Sedangkan pektin yang dikandung buah salak dapat  menghambat pertumbuhan perkembangan sel kanker prostat dan mencegah kanker prostat..
Demikianlah kandungan nutrisi dan zat  buah salak sehingga mengkonsumsi buah salak bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

0 Response to "Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Mengkonsumsi Buah Salak"

Posting Komentar