Kelas Berapa Anak Boleh Gunakan Ponsel Sendiri?

Kelas berapa anak boleh gunakan ponsel sendiri? – Pertanyaan ini senada dengan, umur berapa anak boleh menggunakan ponsel sendiri? Menurut hemat saya, satiap orangtua akan memberikan jawaban beragam. Hal ini pun tergantung pada pemikiran dan pertimbangan masing-masing orangtua terhadap penggunaan gawai.

ponsel,gawai,anak,gunakan hp
Ilustrasi anak menggunakan ponsel sendiri (pexels.com)

Keberagaman jawaban tersebut kiranya dapat dimaklumi mengingat tidak ada aturan baku tentang batasan kelas atau usia anak untuk menggunakan gawai tersebut. Ada anak yang masih berusia 10 sampai 12 tahun atau sekitar kelas 4 sampai 6 sekolah dasar sudah menggunakan telepon seluler sendiri.

Orangtua membelikan fasilitas komunikasi dan informasi ini untuk anak dengan berbagai pertimbangan seperti kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orangtua di rumah, keluarga dan famili yang jauh.

Tidak kurang seorang Bill Gates, orang terkaya di dunia dan pemilik Microsoft ini menetapkan batasan umur penggunaan ponsel sendiri untuk ketiga anaknya. Ia membolehkan anaknya menggunakan gadget atau smartphone setelah anaknya berusia 14 tahun.

Saya sendiri membelikan gawai dan membolehkan kelima anak saya untuk memiliki dan menggunakan ponsel sendiri, minimal setelah mereka duduk di kelas 2 SMP. Bahkan di antaranya ada anak saya yang menggunakan telepon genggam sendiri setelah menduduki bangku SMA.

Aturan tersebut dibuat setelah memahami perkembangan, kebutuhan dan kondisi keuangan keluarga. Anak kelas 2 SMP atau kira-kira berumur 15 tahun sudah mulai belajar dan menyadari manfaat maupun kerugian menggunakan ponsel sendiri.

Kebutuhan anak akan ponsel sebenarnya belum mendesak saat mereka baru kelas 2 SMP. Kecuali anak tersebut bersekolah jauh dari rumah atau tinggal di tempat kost. Tentu saja telepon genggam ini sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orangtua.

Selain itu, pertimbangan dalam menerapkan aturan dan batasan menggunakan gawai sendiri saat duduk di bangku kelas 2 SMP,  memberikan kelonggaran kepada saya untuk membelikan sebuah ponsel untuk anak.

Karena anak saya 5 orang dan masing-masingnya berjarak dua tingkat kelas ( 2 tahun) maka saya secara bergiliran setiap dua tahun sekali membeli gawai untuk anak. Dan itu pun sebagai bonus atas prestasi belajar yang mereka peroleh di sekolah.
Nah, bagaimana dengan anda sebagai orangtua, kelas berapa anak anda dibolehkan menggunakan ponsel sendiri?

0 Response to "Kelas Berapa Anak Boleh Gunakan Ponsel Sendiri?"

Posting Komentar