Apa Kelebihan Telur Itik Ketimbang Telur Ayam?

Apa kelebihan telur itik ketimbang telur ayam? – Telur merupakan salah satu bahan lauk-pauk yang penting bagi pemenuhan nutrisi dan zat yang dibuhkan oleh tubuh. Telur yang kaya protein dan lazim dikonsumsi berasal dari telur itik (bebek) dan ayam.

telur bebek,itik,mahal,kandungan nutrisi
Telur itik dengan cangkang warna kebiruan (matrapendidikan.com)

Harga telur bebek maupun ayam masih terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Namun diketahui bahwa harga sebutir telur itik lebih mahal ketimbang telur ayam. Di pasaran, harga sebutir telur itik sekitar Rp.2.500 sementara harga telur ayam lebih rendah, sekitar Rp.1.500. per butirnya.

Salah satu alasan yang mudah dicerna penyebab perbedaan kedua jenis telur tersebut adalah ukuran fisis tersebut. Ukuran telur bebek lebih besar jika dibandingkan telur ayam.

Selain itu, manfaat dan khasiat telur bebek juga lebih besar mengingat zat dan nutrisi yang dikandung telur itik. Misalnya, telur bebek memiliki kandungan kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol dan sodium yang tinggi.

Kenapa penderita penyakit tertentu tidk bagus untuk mengkonsumsi telur bebek secara berlebihan? Alasannya adalah karena kandungan kolesterol telur bebek lebih tinggi.

Telur bebek dapat direbus dan dibuat telur asin. Namun kandungan nutrisi pada telur asin meningkat saat diasinkan. Pada telur yang diasinkan terjadi peningkatan kadar kalsium dan natrium.

Selain itu telur bebek dapat digoreng dan diolah menjadi sajian masakan lainnya seperti dadar telur, gulai telur, dan lain sebagainya.
Baca juga: Itik yang Rajin Bertelur

Manfaat telur bebek lebih banyak

Telur bebek mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Sedangkan vitamin A dan betakaroten yang dikandung telur bebek dapat menyehatkan mata.

Kandungan antioksidan dalam telur bebek lebih efektif dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, telur bebek juga dapat menyehatkan tulang dan gigi.
Ternyata telur bebek lebih segar dan awet dalam waktu yang cukup lama dibanding telur ayam. Hal ini disebabkan oleh cangkang telur itik lebih tebal. Tekstur telur bebek lebih kenyal dan memiliki kemampuan menyerap lebih banyak sehingga cocok dibuat telur asin yang lezat

0 Response to "Apa Kelebihan Telur Itik Ketimbang Telur Ayam?"

Posting Komentar