Mengkonsumsi Buah dan Sayur Baik untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah dan sayur baik untuk kesehatan mata – Mata yang sehat akan membuat siswa nyaman belajar di sekolah maupun di rumah. Kenyamanan dalam belajar akan memacu semangat belajar dan prestasi belajar pun dapat diraih secara optimal.

konsumsi,buah,sayur,kesehatan mata
Buah dan sayur (pexels.com)

Namun cukup banyak siswa mengalami masalah dengan mata dan penglihatannya. Mata kurang terang melihat benda yang dekat maupun jauh. Misalnya, siswa kurang terang melihat tulisan di papan tulis, membaca huruf dan tulisan di buku. Ada kalanya ketika membaca sering mengalami sakit kepala.

Kondisi ini menjadi salah satu faktor menurunkan minat siswa untuk belajar. Dan masalah ini perlu diperhatikan dan diatasi agar prestasi belajar siswa tidak menurun.

Salah satu upaya mengatasinya adalah siswa dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur berwarna. Selain itu juga mengurangi aktivitas berlama-lama menatap layar komputer/laptop dan gadget lainnya.

Mengkonsumsi buah dan sayur dapat menyehatkan mata dan fungsi organ tubuh lainnya. Buah dan sayur berwarna mengandung zat penting seperti betakaroten dan antioksidan.
Betakaroten merupakan senyawa organik yang memberikan warna (pigmen warna) pada buah dan sayur, terutama merah-orange. Beta karoten adalah bentuk awal dari vitamin A (pro vitamin A) serta antioksidan.

Sayur dan buah mengandung betakaroten antara lain wortel, labu, pepaya, pisang, semangka, ubi jalar dan masih banyak yang lainnya.. Betakaroten yang terkandung dalam sayur dan buah ini  berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta fungsi neurologis.
Lihat juga : Siswa Perlu Konsumsi Buah dan Sayur
Nah, bagi siswa yang mengalami masalah penglihatan dalam belajar, upayakanlah untuk mengkonsumsi buah dan sayur berwarna merah jingga. Sebaliknya mengurangi aktivitas menatap layar komputer dan gadget terlalu lama.

0 Response to "Mengkonsumsi Buah dan Sayur Baik untuk Kesehatan Mata"

Posting Komentar