Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Mengkonsumsi Ubi Jalar

Kandungan nutrisi serta manfaat mengkonsumsi ubi jalar – Untuk mewujudkan keluarga sehat, mencegah timbulnya dan mengobati berbagai penyakit, ternyata tidaklah terlalu mahal biayanya. Di alam sudah banyak tersedia berbagai tanaman dan buah yang mengandung zat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, khususnya untuk kesehatan.

ubi jalar,nutrisi,manfaat,mengkonsumsi
Ubi jalar orange (matrapendidikan.com)

Pada artikel pendidikan sebelumnya telah diketengahkan buah salak, zat dan nutrisi yang dikandungnya serta penyakit yang bisa diatasi sehingga baik untuk dikonsumsi.oleh anggota keluarga.
Nah, kali ini akan dibahas tentang ubi jalar (sweet potato), atau biasa disebut ketela rambat sebagai salah satu bahan penganan khas masyarakat pedesaan. Namun tidak masyarakat pedesaan semata, masyarakat perkotaan juga sering menyajikan penganan sebagai pengganti nasi.

Ubi jalar lazim diolah menjadi penganan kolak manis. Rasanya enak dan mengenyangkan. Tidak hanya itu, ubi jalar memiliki kandungan nutrisi dan zat penting dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Karbohidrat, mineral dan vitamin adalah nutrisi utama pada ubi jalar. Unsur mineral terdapat pada ubi jalar antara lain; zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, potassium, lysine dan zincum.

Sedangkan unsur vitamin terkandung dalam ubi jalar antara lain; vitamin A, vitamin C, Vitamin B1 dan Vitamin B2.

Berdasar penelitian, kandungan nutrisi dan zat yang terdapat pada ubi jalar dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Vitamin A yang cukup tinggi dan beta karoten (pembentuk vitamin A) dapat menyehatkan mata.

Sedangkan beta karoten dan vitamin C serta antioksidan yang dikandungnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa ubi jalar (ketela rambat) tidak hanya sekadar penganan pengganti nasi. Ubi jalar ternyata menjadi salah satu tanaman yang bermanfaat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh anggota keluarga.

Masihkah menganggap sepele ubi jalar?

0 Response to "Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Mengkonsumsi Ubi Jalar"

Posting Komentar