Sejauhmana Kesiapan dan Bekal Siswa Menghadapi UNKP/UNBK 2019?

Sejauhmana bekal siswa dalam menghadapi unkp/unbk tahun 2019? – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) Tahun 2019 tingkat SMP/MTs.  Bakal digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 sd 25 April mendatang.

persiapan,unkp,unbk
Kepala SMPN 2 Lintau Buo  meninjau pelaksanaan simulasi unbk (doc.matrapendidikan.com)

Sebelum helat nasional bidang pendidikan tersebut digelar juga bakal diselenggarakan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstatndar Nasional (USBN) untuk SMP dari tanggal 8 sd 13 April.

Seperti disimak dalam jadwal US dan USBN SMP yang diedarkan oleh Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Datar yang ditandatangai oleh Inhendri Abas, S.Pd.MM, USBN dilaksanakan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bahasa Indonesia, PKN/PPKN, Matematika, bahasa Inggris, IPA dan IPS.

Sementara itu untuk Ujian Sekolah  (US) dilaksanakan untuk mata pelajaran lain dan dilaksanakan dalam rentang jadwal USBN tersebut. Nah, sejauhmana persiapan bekal siswa di Kabupaten Tanah Datar  untuk menghadapi US, USBN, dan UNKP/UNBK?

Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar telah memfasilitasi persiapan sebagai bekal siswa peserta UNKP/UNBK sejak Desember 2018 lalu.

Hal itu ditandai dengan pelaksanaan try out UNBK melalui ujian Simulasi 1 dari tanggal 18 sd 21 Desember 2018 untuk 4 mata pelajaran yang di-UNBK-kan. Masing-masing mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris dan IPA.

Simulasi 2 UNBK dilaksanakan pada tanggal 28 sd 31 Januari 2019. Kegiatan simulasi sebagai bekal siswa yang ditujukan khusus pada pelaksanaan teknis ini ditutup dengan gladi resik UNBK pada tanggal 18 sd 19 Maret hanya untuk mata pelajaran bahasa Inggris dan Matematika.
Bagaimana dengan bekal siswa terutama masalah kesiapan materi pelajaran yang di-UNBK-kan?

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyelenggarakan 3 kali Try Out dengan sistem kertas pensil. Try Out 1 dilaksanakan dari tanggal 25 sd 28 Februari 2019. Kemudian disusul dengan Try Out UN 2 dilaksanakan tanggal 11 sd 14 Maret 2019 serta.Try Out UN 3 (terakhir) tanggal 25 sd 28 Maret 2019.

Sementara itu, untuk mata pelajaran tertentu di sekolah, guru juga telah dan sedang menjalankan bimbingan belajar tambahan gratis pada sore hari bagi siswa yang berminat.
Berdasar paparan data di atas kiranya tidak ada yang kurang usaha yang dilakukan, baik oleh pemerintah daerah maupun sekolah untuk mempersiapkan dan membekali siswa menghadapi UNBK maupun UNKP.

Persoalannya sekarang ada di tangan siswa peserta UNKP/UNBK. Sejauh mana minat dan kemauan siswa untuk terus belajar dan membekali diri. Kemudian yang tak kalah penting adalah sejauhmana kepedulian dan keterlibatan orangtua siswa dalam mendorong anak untuk belajar di rumah.

Di atas kertas, bekal siswa dalam menghadapi UNKP/UNBK sudah cukup memadai sehingga siswa peserta ujian berpeluang untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Peringkat Kabupaten Tanah Datar meningkat dalam rata-rata perolehan nilai UNKP/UNBK pada jenjang SMP/MTs.

0 Response to "Sejauhmana Kesiapan dan Bekal Siswa Menghadapi UNKP/UNBK 2019?"

Posting Komentar