Guru Telah Periksa Lembaran Jawaban USBN

Guru telah periksa lembaran jawaban usbn – Sebanyak 20 orang guru mata pelajaran di SMPN 2 Lintau Buo telah melaksanakan tugas pemeriksaan terhadap lembaran jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) siswa untuk 10 mata pelajaran, Sabtu (13/04).

guru,periksa,lembaran jawaban,usbn
Suasana di ruang periksa lembaran jawaban USBN (Nef/matrapendidikan.com)

Setiap mata pelajaran diperiksa oleh dua orang guru, sesuai dengan pedoman dalam POS USBN Tahun 2019. Lembaran jawaban USBN terdiri dari dua jenis, pilihan ganda dan esai.

Khusus untuk soal esai, jika terdapaat perbedaan yang mencolok terhadap hasil pemeriksaan oleh dua orang guru tersebut maka pemeriksaan dilakukan oleh pihak ketiga.

Kegiatan pemeriksaan hasil USBN ini dilaksanakan hanya beberapa jam setelah USBN hari terakhir selesai. Seperti diketahui USBN telah dimulai sejak Senin tanggal 8 April 2019 lalu.

Hasil yang diperoleh siswa dalam USBN menentukan kelulusan siswa di suatu sekolah di samping unsur lainnya. Penetapan kriteria kelulusan ini telah ditetapkan melalui rapat dewan guru .

Untuk SMPN 2 Lintau Buo, khusus untuk hasil USBN, kelulusan siswa dari sekolah dengan syarat memperoleh nilai masing-masing mata pelajaran USBN minimal 60. Sementara hasil UNBK yang bakal digelar 22 April mendatang berpengaruh terhadap PPDB tahun 2019/2020.

Penskoran dan penilaian pada masing-masing mata pelajaran tergantung pada jumlah soal. Misalnya untuk mata pelajaran IPA, jumlah soal pilihan ganda sebanyak 35 butir soal dan esai 5 butir.
Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd saat membuka kegiatan pemeriksaan hasil USBN menyampaikan agar pemeriksa melaksanakan tugasnya lebih hati-hati agar kekeliruan dapat diminimalisir.  

0 Response to "Guru Telah Periksa Lembaran Jawaban USBN"

Posting Komentar