Ibu Mufidah Kembali Kunjungi Lintau IX Koto

Ibu mufidah kembali kunjungi lintau ix koto – Ketua Dekranas Ibu Hj.Mufidah Jusuf Kalla kembali mengunjungi Lintau IX Koto hari ini, Senin (08/04). Kunjungan kerja Ibu Negara Wakil Presiden RI tersebut di wilayah Lintau IX Koto meliputi Nagari Tigo Jangko dan Tanjung Bonai.

ibu mufidah,sentra tenun,sekolah tenun
Ibu MUfidah Jusuf Kalla di kompleks Sentra Tenun Nagari Tigo Jangko 

Di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Ibu Mufidah meninjau sekolah Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar. Usai meninjau Sentra Industri Tenun, Ibu Hj. Mufidah meninjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program bantuan stimulan perumahan swadaya di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara. Kemudian meninjau pembangunan Masjid Raya Tanjung Bonai.

Dalam sambutannya, Ibu Negara Wakil Presiden RI mengajak semua pihak untuk memajukan sekolah tenun. Kabupaten/kota di Sumatera Barat di minta untuk mengirimkan peserta pelatihan.

Himbauan untuk menghidupkan sekolah tenun tersebut terutama sekali kepada gubernur, dekranasda, bupati/wali kota dan dekranasda se-Sumbar.

Lebih jauh Ibu Mufidah mengatakan bahwa industri kerajinan tenun telah berkembang sampai ke pelosok desa di nusantara. Namun pegiat tenun semakin hari semakin menurun.

Diperoleh informasi, Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko yang diresmikan oleh Ibu Mufidah Mei tahun lalu itu, menelan biaya total 28,1 M.  Fasilitas utama gedung produksi, kantor UPTD, gedung celup dan meghani, pagar keliling dan landscape menelan biaya Rp.19,2 M. Pembiayaan ini bersumber dari DAK Perindustrian tahun anggaran 2017, 2018, dan 2019.

Sentra Industri Tenun juga dilengkapi dengan Rusunawa bertingkat dengan 35 kamar serta fasilitas sekelas aprtemen. Fasilitas ini dibiayai melalui Tugas Pembantuan Kementerian PUPR Tahun Anggaran.2017 dengan biaya sebesar Rp. 8,9 M.

Masyarakat Lintau IX Koto, kabupaten Tanah Datar, terutama kaum muda diharapkan untuk memanfaatkan sekolah sentra tenun untuk menambah ilmu dan menjadi pegiat seni tenun.

0 Response to "Ibu Mufidah Kembali Kunjungi Lintau IX Koto"

Posting Komentar