Pesan di Acara Perpisahan Siswa Kelas IX, Jangan Hanya Tamat SMP!

Pesan di acara perpisahan siswa kelas ix, jangan hanya tamat smp! – Kepala SMPN 2 Lintau Buo dalam suatu sesi acara perpisahan siswa kelas IX melepas balon ke angkasa, Sabtu (27/04) lalu. Salah satu cara pihak sekolah dalam mengekspresikan diri untuk melepas dan mengembalikan siswa kepada orangtuanya.

kepala sekolah,melepas balon,tamat smp
Kepala SMPN 2 Lintau Buo melepas balon ke angkasa (Ropi'u/matrapendidikan.com)

Balon merupakan bahan yang terbuat dari karet dan berisi gas hidrogen atau helium. Masa jenis gas ini lebih ringan dari udara sehingga balon akan naik ke angkasa jika dilepaskan. Oleh sebab itu sebelum dilepas, balon harus diikat atau dipegang.

Balon pertama kali ditemukan oleh seorang ahli fisika elektromagnet, Michael Faraday.pada tahun 1824. Berangkat dari penemuan ini lahirlah filosofi balon dimana sesuatu itu ada saatnya dipegang namun suatu saat juga harus dilepaskan.

Pelepasan balon ke angkasa oleh kepala sekolah sebagai simbol pelepasan siswa dari suatu sekolah dan mengembalikannya pada orangtua masing-masing setelah dididik selama 3 tahun.
Selepas dari SMPN 2 Lintau Buo, siswa akan pergi meninggalkan sekolah dan bertebaran mencari sekolah baru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


siswa smp,buyung,upiak,tamat
"Upiak manih dan buyuang gagah" siswa smp dalam acara perpisahan (Ropi'u/matrapendidikan.com)

Maka wajarlah, Camat Lintau Buo Zulkifli, S.Sos dan Ketua Komite Sekolah Maisal berpesan agar siswa terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan hanya sampai tamat SMP saja karena belum cukup modal untuk mencari pekerjaan yang layak di zaman penuh kemajuan ini.
Seandainya orangtua terbentur oleh masalah biaya, pemerintah siap membantu dalam berbagai bentuk seperti bea siswa dan lain sebagainya.Sehingga tidak ada lagi alasan untuk sekolah hanya tamat SMP. Program Wajib belajar berlangsung selama 12 tahun, itu berarti siswa minimal harus menamatkan dan memiliki ijazah jenjang sekolah menengah atas.

1 Response to "Pesan di Acara Perpisahan Siswa Kelas IX, Jangan Hanya Tamat SMP!"

  1. Jadi ingat dulu waktu tamat SMP gak niat lanjut ke SMK karena alasan biaya, alhamdulillah dapat beasiswa jadi bisa ngelanjutin. Memang benar dimana ada kemauan, disitu ada jalan :)

    BalasHapus