Himbauan untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Himbauan untuk mendapingi anak belajar di rumah – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau orangtua untuk mendampingi anak belajar di rumah minimal 3 jam sehari. Himbauan tersebut terutama sekali dihubungkan dengan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.

mendampingi,anak,belajar,rumah
Mendampingi anak belajar di rumah (pexels.com)

Tiga jam sehari dimulai pukul 18.00 sampai 21.00 WIB. Apa saja yang dapat dilakukan orangtua selama tenggat waktu tersebut?  Orangtua mengajak mereka shalat berjamaah, mengaji bersama, mendampingi mereka belajar, mengajak bercerita. Disamping itu orangtua dapat menciptakan suasana tanpa televisi menyala dan tanpa gadget atau android.

Himbauan pemerintah daerah melalui spanduk yang dipajang di sekolah-sekolah hendaknya dapat dibaca dan dipahami oleh semua warga sekolah. Hal ini perlu ditularkan melalui mulut ke mulut, menerbitkannya di media sosial, atau menulisnya di media internet, seperti yang dilakukan admin blog matrapendidikan.com ini.

Himbauan mendampingi anak belajar minimal 3 jaaam sehari menjadi salah satu cara pemerintah daerah untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar Sebagai Kabupaten Madani, Berbudaya dan Sejahtera Berasaskan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”
Sebelumnya, blog yang anda kunjungi ini juga pernah menurunkan artikel tentang pentingnya mendampingi anak belajar di rumah. Mendampingi anak belajar di rumah sesungguhnya bukan mengajari anak materi pelajaran sebagaimana dilakukan guru di sekolah.
Selain itu, mendampingi anak belajar di rumah bukan masalah kuantitas waktu melainkan kualitas dalam .mendampingi anak belajar.
Oleh sebab itu, beruntunglah orangtua yang memiliki waktu dan kesempatan untuk mendampingi, apalagi membimbing anak belajar di rumah. Kesempatan dan waktu mendampingi anak selama di rumah, tentu akan memberi nilai tambah bagi anak dalam memacu semangat belajar mereka guna meraih prestasi belajar.

Bagaimana dengan anak sekolah yang tinggal di tempat kost? Peran ibu/bapak tempat kost tak kalah penting untuk mengawasi anak-anak kost agar shalat berjamaah, memantau belajar, tidak menyalakan televisi, atau melarang anak kost untuk memegang android dan gadget selama waktu tertentu di tempat kost.

0 Response to "Himbauan untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah "

Posting Komentar