Pemilih Pemula adalah Calon Peserta Pemilu Pemula

Pemilih pemula adalah calon peserta pemula – Salah satu  pengamalan sila ke- 4 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia yang baik adalah memberikan hak suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu).. Warga negara yang telah memberikan hak suara dalam Pemilu untuk pertama kalinya dikenal dengan pemilih pemula.

pemilih pemula,calon dipilih,pemula,pemilu
Ilustrasi pemilih pemula sebagai calon peserta pemilu (matrapendidikan.com)

Pada Pemilu 2019 ini pemilih pemula telah menyalurkan hak suaranyanya untuk memilih calon Presiden/wakil presiden, calon legislatif dan calon senator. Sekaligus, pemilih pemula yang umumnya kalangan remaja atau anak usia sekolah ini akan menjadi tumpuan dan harapan bangsa Indonesia 5 sampai 10 tahun mendatang.

Jika Pemilu 2019 ini mereka  telah menjadi Pemilih Pemula, boleh jadi pada Pemilu 2024 atau 2029 mendatang mereka menjadi calon yang bakal dipilih  atau calon peserta Pemilu pemula dalam pesta demokrasi 5 tahunan di republik ini.
Pemilih pemula dalam Pemilu 2019 ini telah mendapat pengalaman berharga sebagai warga negara Indonesia yang baik. Menyalurkan hak suaranya sebagai pemilih, memilih calon presiden/wakil presiden dan calon legislatif di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat serta calon senator yang mewakili daerahnya.

Sikap terpenting bagi pemilih pemula adalah memilih calon sesuai hati nurani, menerima hasil Pemilu tersebut dengan baik. Jika pilihannya ternyata tidak berhasil menjadi presiden/wakil presiden atau menduduki kursi legislatif dan senat Pemilih pemula menerima hasil itu dengan lapang dada dan berprinsip calon yang terpilih adalah orang-orang yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Toh, sesuai butir Pancasila sila ke- 4, tidak memaksakan kehendak, sebaliknya menghormati hasil Pemilu, adalah sikap yang penting dalam pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga orang yang terpilih menjadi presiden/wakil presiden, anggota legislatif dan anggota perwakilan daerah dapan menjalankan amanah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

0 Response to "Pemilih Pemula adalah Calon Peserta Pemilu Pemula"

Posting Komentar