SMP/Sederajat Mulai Menggelar UN pada Hari Ini

Smp/sederajat mulai menggelar UN pada hari ini – Ujian Nasional (UN) jenjang pendidikan SMP/Sederajat mulai digelar hari ini, Senin 22 April. Ada sekolah/madrasah yang menyelenggarakan sistem UNBK namun banyak juga dengan sistem UNKP. Bersamaan dengan UN ini juga digelar USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional)  untuk jenjang Sekolah Dasar/Sederajat.

un,unbk,unkp
Siswa serius mengikuti UNKP di salah satu sekolah penyelenggara (Suci I/Matrapendidikan.com)

UN pada hari pertama ini untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan pengawasan dilaksanakan dengan sistem silang antar guru di sekolah penyelenggara. Sekolah penyelenggara mengirim dan menerima guru untuk  pengawasan UN.

Di Kecamatan Lintau Buo terdapat 5 sekolah/madrasah yang menyelenggarakan UN, masing-masing SMPN 1, 2, dan 3 Lintau Buo, MTsN 9 Tanah Datar dan MTs Darul Ulum Tigo Jangko.
Diperoleh info bahwa MTsN 9 Tanah Datar merupakan madrasah dengan peserta UN terbanyak yaitu 191 siswa, disusul SMPN 1 Lintau Buo (93 siswa),, SMPN 2 Lintau Buo (89 siswa), MTs Darul Ulum (55 siswa) dan SMPN 3 Lintau Buo sebanyak 25 siswa.

USBN SD/Sederajat

Jenjang pendidikan SD/Sederajat tidak menyelenggarakan UN melainkan USBN yang juga dimulai hari ini pada mata pelajaran bahasa Indonesia. USBN dilaksanakan hanya untuk 3 mata pelajaran selama 3 hari berturut-turut, yaitu bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Bentuk soal untuk setiap mata pelajaran adalah pilihan ganda dan uraian dalam waktu yang sama 120 menit. Mata pelajaran bahasa Indonesia terdiri dari 40 butir pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Sementara itu mata pelajaran Matematika terdiri 30 butir soal pilihan ganda dan 5 soal uraian dan mata pelajaran IPA terdiri dari 35 butir pilihan ganda dan 5 soal uraian.

0 Response to "SMP/Sederajat Mulai Menggelar UN pada Hari Ini"

Posting Komentar