5 Strategi Penting dalam Mengerjakan Soal IPA Berbasis Komputer

5 Strategi penting dalam mengerjakan soal IPA berbasis komputer – Mengerjakan soal ujian IPA yang berbasis komputer tentu saja akan berbeda dengan berbasis kertas pensil, terutama dalam teknis pelaksanaannya. Artinya, mengerjakan soal IPA pada UNBK memerlukan strategi khusus disamping penguasaan materi yang diujikan. Oleh sebab itu siswa perlu beradaptasi dengan komputer yang digunakan dalam ujian.

strategi,mengerjakan,soal ipa,berbasis komputer
Siswa mengikuti simulasi UNBK (doc.matrapendidikan.com)

Jika siswa tidak dapat menyesuaikan diri dengan UNBK boleh jadi siswa mengalami kendala dan berdampak pada perolehan hasil. Kenapa begitu?

Mengerjakan soal IPA UNBK tidak cukup dengan menguasai materi ujian belaka. Lebih dari itu siswa perlu beradaptasi dengan sistem yang bekerja pada komputer dan strategi mengerjakan soal IPA tersebut.

Simulasi yang telah diadakan sekolah penyelenggara UNBK sebelum UN serta gladi resik UNBK adalah kesempatan emas untuk berdaptasi dengan sistem komputer dalam mengerjakan soal UNBK, khususnya mata pelajaran IPA.

Anggap siswa sudah menguasai materi IPA yang bakal diuji dalam UNBK. Selanjutnya siswa perlu strategi khusus dalam mengikuti UNBK dan mengerjakan soal IPA tersebut. Berikut 5 strategi penting mengerjakan soal IPA berbasis komputer.

1.Disiplin dan tepat waktu

Disiplin adalah kunci sukses dalam mengerjakan soal IPA UNBK dengan baik dan memperoleh hasil secara optimal. Disiplin dalam hal ini meliputi aturan dan tata tertib ujian di ruang UNBK. Misalnya hadir tepat waktu, tidak membawa perangkat elektronik seperti ponsel, gadget lainnya dan mesin hitung.

Selain aturan dan tata tertib juga disiplin mengikuti prosedur UNBK. Ikuti prosedur dalam UNBK, seperti log in, mengisi biodata, dan lain sebagainya.

2.Selalu kontrol waktu

Siswa perlu mengontrol waktu agar tidak kecolongan. Ingat, dalam UNBK tidak ada tambahan waktu. Kontrol waktu tersisa melalui ikon waktu berjalan mundur (countdown)..

Selain itu, untuk mengontrol waktu juga dapat digunakan jam tangan, atau jam dinding di ruang UNBK.

Kenapa perlu mengontrol waktu? Agar siswa dapat memanfaatkan waktu tersedia dengan baik. Untuk soal mudah mungkin hanya perlu waktu 1 menit namun soal yang lebih sulit serta perhitungan perlu waktu 3 sampai 5 menit.

Nah, penggunaan waktu ini perlu dikontrol dengan baik.

3.Kerjakan soal yang pendek dan mudah

Ini pada prinsipnya sama dengan mengerjakan soal IPA UNKP. Kerjakan dulu soal-soal yang pendek, kalimat pernyataan maupun kalimat pertanyaannya. Atau soal yang mudah menurut siswa. Jika kesulitan menjawab suatu soal, jangan paksakan untuk mengerjakan tersebut, sebaiknya pindah ke soal lain yang lebih mudah.

4.Gunakan kertas buram

Karena soal IPA lebih banyak bersifat hitungan maka siswa perlu memanfaatkan kertas buram untuk coret-coretan, menghitung atau mencari hasil sesuai perintah atau petunjuk soal.

5.Jangan buang waktu

Kebiasaan buruk sebagian siswa adalah membuang waktu selama ujian. Misalnya mengobrol, mengerjakan sesuatu yang tidak berkaitan dengan ujian, Pokoknya jangan buang waktu siswa untuk mengerjakan hal tersebut.

Demikianlah 5 strategi penting dalam mengerjakan soal IPA yang berbasis komputer. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Strategi Penting dalam Mengerjakan Soal IPA Berbasis Komputer"

Posting Komentar