UN SMP/MTs Akan Berakhir Hari Ini, Siswa Jangan Merasa Telah Lulus

Un smp/mts akan berakhir hari ini, siswa jangan merasa telah lulus – Perhelatan UN jenjang pendidikan SMP/MTs akan berakhir hari ini, Kamis (25/04). Sedangkan  jenjang pendidikan SD/Sederajat telah mengakhiri USBN sejak kemaren (24/04).

un,unbk,unkp
Ujian Nasional akan berakhir hari ini (doc.matrapendidikan.com)

Pagelaran UN SMP/MTs akan ditutup dengan mata pelajaran IPA. Salah satu mata pelajaran di sekolah yang masih dianggap sulit oleh sebagaian besar siswa. Namun dengan mempersiapakn  materi ujian secara optimal oleh siswa yang mengikuti UNKP dan strategi jitu bagi yang mengikuti UNBK diharapkan siswa memperoleh nilai yang memuaskan.
Memang, hasil UN tidak menentukan kelulusan siswa dari SMP/MTs. Kelulusan siswa ditentukan oleh nilai akademis, sikap dan tingkah laku siswa. Kelulusan siswa tersebut diputuskan oleh sekolah melalui rapat dewan guru setelah proses pengolahan nilai siswa selesai.

Namun demikian siswa tidak dapat menganggap UN tidak penting. Apabila siswa mencapai hasil UN secara optimal akan memungkinkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah yang lebih bersaing dalam mutu.

Meskipun UN SMP/MTs akan berakhir hari ini, diharapkan agar siswa tidak merasa telah menamatkan atau merasa telah lulus dari sekolah sehingga menunjukkan sikap dan melakukan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan.

Sikap dan tindakan yang tidak pada tempatnya dilakukan oleh siswa SMP/MTs boleh jadi menjadi batu sandungan untuk tidak lulus dari sekolah jika tidak dapat ditolerir oleh guru di sekolah.

Sebaliknya siswa dihartapkan untuk menyiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan kegiatan-kegiatan di akhir tahun pelajaran. Misalnya acara perpisahan yang dilaksanakan sekolah. Ikutilah latihan yang berkaitan dengan isi acara perpisahan.

Selain itu barangkali siswabperlu menyiapkan buku-buku perpustakaan sekolah yang dipinjan dan dikembalikan oleh siswa.Mungkin ada buku peprustakaan yang tertukar dengan teman,  tercecer atau hilang. Ini perlu dibenahi agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

0 Response to "UN SMP/MTs Akan Berakhir Hari Ini, Siswa Jangan Merasa Telah Lulus"

Posting Komentar