Perlu Diingat, USBN Tentukan Kelulusan Siswa

Perlu diingat, usbn tentukan kelulusan siswa – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SMP dilaksanakan mulai hari ini di Kabupaten Tanah Datar. Pelaksanaannya akan berlangsung dari tanggal 8 sd 13 April ini. Penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN telah diatur oleh BNSP melalui Prosedur Operasional Standar (POS) USBN.tahun Pelajaran 2018/2019.

usbn,kelulusan,satuan pendidikan
Siswa mengikuti ujian sekolah berstandar nasional di hari pertama (matrapendidikan.com)

Sesuai edaran jadwal yang dikeluarkan pihak Dinas Pendidikan dan Kabupaten Tanah Datar, USBN dilaksanakan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bahasa Indonesia, PKN/PPKN, Matematika, bahasa Inggris, IPA dan IPS. Sedangkan untuk US dilaksanakan untuk mata pelajaran Seni Budaya, BAM dan TIK.

Di SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, USBN hari pertama untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kertas pensil (KP) berjalan lancar. Siswa yang mengikuti ujian sebanyak 89 siswa dan dibagi menjadi 5 ruang ujian.

Seperti diketahui bahwa USBN menjadi standar kelulusan siswa di satuan pendidikan. Hal ini berarti hasil USBN  akan menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan tersebut.

Sebaliknya hasil UN tidak mempengaruh  kelulusan siswa. Hasil perolehan siswa pada UN akan berpengaruh pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Penerimaan siswa pada suatu sekolah ditentukan berdasarkan ranking perolehan hasil UN pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Batasan nilai UN 5,5 namun siswa dapat lulus jika memperoleh nilai di bawah batas tersebut. Sebab, penentu kelulusan siswa di satuan pendidikan bukan UN melainkan USBN.

Perlu diingat siswa maupun orangtua siswa, bahwa yang menentukan kelulusan siswa di suatu sekolah SMP/MTs adalah USBN. Siswa harus mengikuti proses USBN dengan baik dengan cara belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

0 Response to "Perlu Diingat, USBN Tentukan Kelulusan Siswa"

Posting Komentar