Pengembangan Semangat dan Jiwa Wirausaha melalui OSIM di MTsN 9 Pangian

Pengembangan semangat dan jiwa wirausaha melalui osim di MTsN pangian – Lembaga madrasah/sekolah berpotensi dalam pengembangan semangat dan jiwa kewirausahaan yang terencana melalui program pembinaan kesiswaan. Sasaran yang tepat untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah wadah Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM).

wirausaha,pendidikan karakter,aneka penganan
Siswa yang tergabung dalam OSIM MTsN 9 Pangian sedang membuat aneka penganan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Pengembangan  semangat dan jiwa wirausaha di lembaga madrasah diharapkan dapat mencerdaskan siswa untuk menciptakan terobosan-terobosan kreatif dan inovatif  dalam menciptakan lapangan usaha khususnya dan lapangan kerja pada umumnya untuk jangka panjang.

Sehubungan dengan hal tersebut, di lembaga madrasah MTsN 9 Pangian Kabupaten Tanah Datar telah menjalankan program pengembangan semangat dan jiwa kewirausahaan.

Melalui program ini dapat diakomodir kreativitas siswa untuk menciptakan berbagai lapangan usaha dan bernilai ekonomis sekaligus lapangan kerja dalam jangka panjang.

Seperti yang diinfokan kontributor matrapendidikan.com, Rahid Sikumbng, salah satu terobosan kreatif dan inovatif di MTsN 9 Pangian Kabupaten Tanah Datar adalah usaha kuliner terutama membuat aneka penganan atau camilan yang disukai anak zamanNow.

Penganan yang telah dibuat antara lain roti bakar, es lilin, martabak mie dan pisang cispy. Aneka penganan tersebut dipasarkan di madrasah oleh siswa yang tergabung dalam OSIM.
Hal tersebut cukup potensial mengingat komunitas siswa madrasah cukup banyak, sekitar 500-an siswa.

Hasil penjualan aneka penganan tersebut dijadikan sebagai income dan menambah kas OSIM. Dengan demikian OSIM mempunyai cadangan kas yang dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan OSIM, terutama sekali kegiatan ekstrakurikuler.

0 Response to "Pengembangan Semangat dan Jiwa Wirausaha melalui OSIM di MTsN 9 Pangian"

Posting Komentar