Agar Mading Kelasmu Lebih Menarik, Terapkan Unsur-unsur Ini

Agar mading kelasmu lebih menarik, terapkan unsur-unsur ini - Hallo sobat! Mungkin kata Mading sudah tidak asing lagi kedengarannya di telinga kita, ya sobat kreatif. Mading atau Majalah Dinding adalah salah satu media tulis yang penyajiannya ditempel didinding.

mading kelas,agar menarik,unsur mading
Salah satu tampilan Mading Sekolah (doc.matrapendidikan.com)

Mading digunakan sebagai ajang untuk mengembangkan kreativitas siswa. Pada Mading terdapat berbagai karya, baik tulisan maupun gambar. Nah, agar terlihat lebih menarik, berikut akan dipaparkan unsur-unsur mading yang lebih terperinci.

1.Judul Mading

Nah, hal yang tidak boleh tinggal dalam penyajian Mading adalah judul Mading itu sendiri. Judul Mading bisa saja nama kelas seperti "Mading of Cost" (Community Of Social Three").

2.Tema

Karya apapun, apabila memiliki tema, tentu akan telihat lebih indah dan menarik. Begitupun dengan Mading. Tema untuk mading sangat beragam. Contohnya: tema tentang hari guru, hari pahlawan, hari lingkungan hidup, dan masih banyak lagi. Intinya, tema tersebut harus sesuai dengan kesepakan kelas.

3.Logo

Logo atau lambang yang digunakan adalah logo kelas (kalau ada), atau bisa juga logo sekolah. Logo biasanya ditempel pada bagian sudut kiri atas Mading.

4.Salam Redaksi

Salam Redaksi merupakan salam pembuka dari penyusun mading kepada pembaca yang bertujuan untuk menyapa pembaca. Gaya bahasa yang digunakan tidak harus formal, bisa saja dengan gaya bahasa gaul atau kekinian.

5.Susunan Redaksi

Dalam susunan redaksi dituliskan nama-nama orang yang turut berpartisipasi dalam penyusunan mading kelas, mulai dari ketua mading hingga anggota (biasa disebut tim mading).

6.Edisi

Edisi yang dimaksud yaitu berdasarkan bulan pembuatan mading, misalnya mading dibuat pada bulan Maret, maka edisinya saat itu adalah Edisi Maret.

7.Artikel

Artikel yang dimaksud harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

8.Opini

Opini biasanya berisi pendapat siswa tentang tema yang diambil. Misalnya tema yang diambil adalah hari lingkungan hidup, maka tim penyusun akan mewawancarai siswa tentang makna lingkungan hidup bagi mereka, atau pertanyaan lain seputar lingkungan hidup.

9.Berita Utama

Berita utama berisi tentang hal-hal atau informasi yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dilingkungan sekolah.

10.Karya Siswa

Banyak sekali karya-karya siswa yang bisa dipublikasikan pada mading kelas, seperti : puisi & pantun, cerpen, komik, tips, humor, dan lain-lain.

11.Pojok Mading

Adapun unsur yang terakhir dalam pembuatan yaitu Pojok Mading. Pojok mading berisi tentang komentar penyusun mengenai tema yang diangkat.

Sobat, itulah unsur-unsur Mading yang sekiranya perlu ada dalam mading kelas. Semoga setelah ini Mading kelasnya jadi lebih menarik lagi ya, sob. Terima kasih. Salam kreatif! (Kiriman : Fauzia)
           

0 Response to "Agar Mading Kelasmu Lebih Menarik, Terapkan Unsur-unsur Ini"

Posting Komentar