Guru Hebat Itu, Bagaimana Atau Seperti Apa, Sih?

Guru hebat itu, bagaima atau seperti apa, sih? – Saat ini masih dalam suasana Peringatan Hari Pendidikan nasional (Hardiknas) Tahun 2019. Guru termasuk salah satu unsur yang memperingati Hardiknas. Unsur pendidikan ini sering disebut sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan di sekolah.

guru,profesional,teladan,favorit,guru hebat
Guru adalah Pahlawan Insan cendikia (Arnis,S.Pd/matrapendidikan.com)

Selain sebutan di atas, masih banyak julukan yang ditujukan untuk para guru, pahlawan insan cendikia ini. Ada guru profesional, guru berprestasi, guru teladan, pendidik profesional dan lain sebagainya. Guru atau pendidik profesional sudah ketentuannya dalam UU Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen.

Guru berprestasi dan guru teladan juga sudah diatur dalam peraturan lainnya terutama berkaitan dengan jenis lomba tentang guru. Ada lomba guru berprestasi, dari tingkat Kecamatan sampai Tingkat Pusat. Begitu pula pemilihan guru teladan.

Julukan-julukan guru tersebut memang sudah dilegitimisasi dalam peraturan perundang-undangan.. Lalu, bagaimana dengan julukan guru favorit atau guru hebat?

Julukan untuk sebagai guru hebat, hanya bersifat konvensional dan subjektif. Artinya, favorit atau tidak, hebat atau tidak, itu tergantung pada opini dan pandangan individu yang diajar/dibimbing oleh guru tersebut

Dalam perspektif matrapendidikan.com, guru hebat itu adalah guru yang mampu menggiring siswa ke dalam suasana belajar yang mengasyikkan, menggembirakan dan mencerahkan di ruang kelas maupun luar kelas.

Julukan guru seperti di atas dapat dimiliki oleh semua guru. Guru sukarela, guru bantu atau guru apapun istilahnya, pasti dapat menjadi guru yang hebat. Apalagi guru profesional, guru teladan dan guru berprestasi.

Bagaimana menurut anda? Seperti apa, atau bagaimana guiru yang hebat itu menurut pandangan dan opini anda?
Silahkan berikan masukan anda melalui kolom komentar di bawah ini. Anda juga dapat memberikan pendapat melalui akun facebook dimana artikel ini di share.

0 Response to "Guru Hebat Itu, Bagaimana Atau Seperti Apa, Sih?"

Posting Komentar