Apakah Bisa Blog Menghasilkan Uang dan Caranya Bagaimana?

Apa bisa blog menghasilkan uang dan caranya bagaimana? – Blog merupakan media online yang dapat diakses melalui komputer, laptop dan perangkat dekstop lainnya. Selain itu sebuah blog juga dapat diakses melalui perangkat mobile seluler. Nah, fokus pembahasan artikel ini adalah apakah bisa blog menghasilkan uang? Kalau bisa bagaimana caranya?

monetisasi blog,menghasilkan uang,blogger
Ilustrasi blog (pexels.com)

Ada orang yang sudah bertahun-tahun mengelola sebuah blog namun tak pernah menghasilkan apa-apa secara finansial. Bahkan hanya mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli paket data dan biaya operasional lainnya.

Namun di sisi lain banyak pula .orang yang mengelola blog dan sudah mendapatkan uang dari pekerjaannya mengelola blog tersebut. Bahkan, blog tidak hanya sekadar penghasil uang. Lebih dari itu ada yang menjadikan blog sebagai penghasilan tambahan. Bukan mustahil  bisa dijadikan sebagai pendapatan utama!

Blog dapat menghasilkan uang!

Tidak ada pekerjaan yang sia-sia asal pekerjaan itu mendatangkan kemaslahatan bagi diri sendiri maupun orang lain. Tak terkecuali dengan pekerjaan menjadi seorang blogger.

Seorang blogger akan bekerja keras dan sabar dalam membangun dan mengelola blog. Kemudian memonetisasi blog tersebut sehingga dapat menghasilkan uang.

1.Membangun blog
Membangun blog dimulai dari membuat blog, mengisi blog tersebut dengan artikel postingan, mencari pengunjung (visitor) sebanyak-banyaknya. Kemudian mengelola blog tersebut dengan baik.

Lalu, bagaimana cara blog menghasilkan uang? Selanjutnya adalah memonetisasi blog.

2.Memonetisasi blog
Memonetisasi blog artinya menjadikan blog sebagai penghasil uang. Sobat pengunjung blog matrapendidikan.com ini, mungkin saja sudah lama membuat blog dan mengisinya dengan berbagai artikel.

Semula tujuannya boleh jadi sekadar menyalurkan hobi sehingga sudah banyak konten dan pengunjung di blog sobat. Namun kemudian sobat berpikir bagaimana agar blog bisa produktif alias menghasilkan uang.

Kenyataannya, sampai sekarang blog sobat belum menghasilkan apa-apa secara finansial. Nah, agar blog dapat menghasilkan uang maka blog harus dimonetisasi. Banyak cara yang dapat dilakukan agar blog menjadi blog monetisasi, menghasilkan uang. Di antaranya menjadi penayang iklan, ikut program afiliasi dan review suatu produk.

a.Menjadi penayang (publisher) iklan

Yang paling mudah sobat lakukan adalah menawarkan blog untuk menjadi penayang iklan mandiri. Maksudnya, sobat menawarkan diri pada dunia usaha untuk mengiklan produk barang dan jasa pada mereka. Coba hubungi mereka melalui email atau sosial media seperti facebook, twitterdan lain sebagainya.

Misalnya, blog sobat menyediakan ruangan (space) untuk iklan banner (gambar) pada bagian header, sidebar maupun laman konten blog. Untuk ruang iklan pada header biasanya berukuran 720 x 90, sidebar ukuran 300 x 250 dan pada konten (dibawah artikel) ukuran 336 x 280.

Nah, itu sebayai penayang iklan mandiri. Namun selain menjadi penayang iklan mandiri, sobat dapat pula mendaftar menjadi penayang iklan adsense. Apa syarat dan bagaimana cara mendaftar sobat dapat searching di google.

Disarankan sobat untuk mendaftar ke google adsense pada saat umur blog minimal 6 bulan dan visitor blog sudah mencapai 500 sampai 1000 visitor per hari. Ini tidak mutlak, tergantung pada keyakinan sobat terhadap eksistensi blog sobat sendiri.

b.Promosi afiliasi

Selain dari cara di atas, ada juga cara lain menghasilkan uang dari blog, yaitu kerja sama dengan suatu produk  Namanya kerja sama promosi afiliasi. Dengan mengikuti program afiliasi ini sobat akan mendapat komisi. 

Komisi diperoleh tergantung pada pembelian pengunjung terhadap produk yang sobat promosikan. Atau setidak-tidaknya pengunjung blog sobat melengkapi data pada link banner afiliasi yang terpasang pada blog sobat.

c.Review produk atau penempatan konten

Yang tak kalah menarik untuk menghasilkan uang di blog adalah kerja sama dalam bentuk review suatu produk. Artikel review yang dimuat pada blog sobat, dapat ditulis oleh pihak produk tersebut namun dapat juga sobat sendiri yang menulisnya.
Nah, demikianlah pembahasan tentang apakah blog bisa menghasilkan uang dan 3 cara sebagai alternatif bagi sobat unrtuk menghasilkan uang dari blog. Namun demikian blog yang sobat kunjungi ini lebih concern untuk mendapatkan uang dari blog dengan cara menjadi publisher adsense. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Apakah Bisa Blog Menghasilkan Uang dan Caranya Bagaimana?"

Posting Komentar