Dwi Fungsi Talago Anguih Nagari Taluak, Embung dan Objek wisata

Dwi fungsi talago anguih nagari taluak, embung dan objek wisata – Talago Anguih di Nagari Taluak pada mulanya hanya berfungsi sebagai embung yaitu wadah penampung air. Wadah ini digunakan untuk mengatur dan mensuplai aliran air hujan. Selain itu, fungsi embung untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, sarana pengairan dan menambah nilai estetika.

embung,talago anguih,wisata,taluak
Selain sebagai embung, Talago Anguih juga berfungsi sebagai objek wisata air di Nagari Taluak (matrapendidikan.com)
Hal itu terungkap dalam percakapan admin matrapendidikan.com dengan salah seorang pemuka masyarakat Nagari Taluak, Usfaizi Dt. Rajo Mudo pada suatu sore di lokasi Talago Anguih, selasa (28/5) lalu.

“Embung Talago Anguih ini menampung air hujan pada musim hujan. Pada musim kemarau air embung digunakan petani untuk mengairi lahan pertanian di sekitar embung Talago Anguih ini,” ungkap

Pengelolaan embung menjadi salah satu prioritas dana desa (nagari) sebagaimana yang ditegaskan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi.

Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Taluak akan menjadi motor dalam mengelola embung Talago Anguih sesuai fungsinya.

Embung Talago Anguih di Nagari Taluak. Mungkin tak seluas embung Pinnau di Jerman atau embung Trounce di Sascatchewan di Kanada. Pun tak seluas embung Muru di Kaltim Indonesia.

Namun pada perkembangan selanjutnya embung Talago Anguih ternyata memiliki nilai estetika sehingga berpotensi sebagai objek wisata yang menawan. Pemerintah Nagari taluak (Pemnag) dan BUMNag Taluak membaca potensi tersebut sehingga memoles Talago Anguih menjadi objek wisata alam yang perlu menjadi alternatif destinasi wisata masyarakat Nagari Taluak khususnya dan masyarakat IX Koto umumnya.

Objek wisata Talago Anguih belum di-launching secara resmi namun diperkirakan mulai bulan puasa Ramadhan sampai Lebaran Idul Fitri 2019 bakal ramai dikunjungi oleh wisatawan domistik Nagari Taluak dan sekitarnya.
Hal ini didukung oleh wahana rekreasi berupa sepeda sampan perahu dan biduk/kano. Merayakan Idul Fitri menurut informasi yang diterima bakal digelar ajang Lomba Pacu perahu.

0 Response to "Dwi Fungsi Talago Anguih Nagari Taluak, Embung dan Objek wisata"

Posting Komentar