Hai Guys, Tahu Nggak Apa Bahaya Tidur Setelah Sahur?

Hai guys, tahu nggak apa bahaya tidur setelah sahur? - Memang sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang untuk langsung tidur setelah sahur. Ya guys, tidur setelah sahur memang tidaklah haram, namun dari sisi kesehatan tidur setelah sahur sangat tidak dianjurkan, bahkan dilarang.

sahur,bahaya tidur,setellah sahur
Ilustrasi tidur setelah sahur (pexels.com)

Hal ini guys dikarenakan banyaknya dampak buruk atau bahaya yang bisa terjadi. Diantaranya beresiko stroke, refluks, gangguan asam lambung,, sakit kepala dan merusak mood.

1.Beresiko terkena stroke

Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli medis, dimana orang yang jarak tidurnya cukup jauh dari sahur, akan memiliki resiko stroke lebih kecil. Sementara orang yang paling singkat jeda antara sahur dengan tidur maka memiliki resiko stroke paling tinggi.

2.Refluks

Refluks merupakan suatu penyakit yang muncul karena kelemahan katup antara lambung dengan kerongkongan, akibatnya dada akan terasa terbakar. Salah satu tanda orang yang mengalami refluks adalah ketika terbangun dari tidur setelah sahur maka timbul rasa pahit pada daerah mulut disertai dengan kerongkongan yang panas.

3.Gangguan asam lambung

Setelah menyantap makan sahur, makanan akan masuk dalam sistem pencernaan dan butuh waktu bagi lambung  maupun bagian lainnya untuk  mencerna makanan tersebut. Ketika seseorang tidur terlentang setelah makan, maka proses pencernaan menjadi tidak lancar atau lama. Akibatnya, timbul rasa nyeri pada daerah sekitar ulu hati ataupun rasa panas yang tidak nyaman pada daerah tenggorokan seiring meningkatnya asam lambung.

4.Sakit kepala

Tidur setelah sahur juga akan mengakibatkan leher menjadi sakit dan kaku. Sehingga ketika bangun dari tidur bukan kesegaran yang didapat melainkan rasa nyeri terutama pada bagian kepala belakang. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya tidur setelah sahur akan menimbulkan sakit kepala.

5.Merusak mood

Bahaya selanjutnya tentu saja akan menghilangkan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Mood akan berubah dan kondisi batin pun akan memburuk sehingga wajah akan terlihat pucat dan lesu.

Itulah beberapa bahaya akibat langsung tidur setelah sahur. Sebaiknya kita tidak langsung tidur setelah sahur melainkan akan lebih baik jika kita menunggu waktu untuk melaksanakan sholat subuh dengan sholawat dan berzikir. (Kiriman : Fauzia )

0 Response to "Hai Guys, Tahu Nggak Apa Bahaya Tidur Setelah Sahur?"

Posting Komentar