Kupasaan Sabut dan Batok Kelapa Unik Seperti Ini Hanya Kebetulan Saja

Kupasan sabut dan batok kelapa unik seperti ini hanya kebetulan saja – Jika ibu rumah tangga membutuhkan santan kelapa, caranya gampang! Beli saja santan kelapa yang sudah siap digunakan untuk memasak. Akan tetapi bagaimana jika sudah memiliki beberapa butir buah kelapa dan ingin memanfaatkan santannya?

kupasan sabut,sabut kelapa,kebetulan saja
Kupasan sabut kelapa tak sengaja membentuk pola ini (matrapendidikan.com)

Gambar di atas adalah kupasan sabut kelapa yang tanpa sengaja hasilnya terlihat unik. Sabut di bagian ujung tetap menempel dan pangkal terkupas. Kebetulan sekali, kelapa yang dikupas menggunakan mata pacul adalah kelapa tua yang sudah bertunas.

Kelapa termasuk bahan masakan yang rumit dalam pengerjaannya. Kenapa tidak? Untuk mengambil santan dari sebutir kelapa, orang harus melewati prosedur dan langkah tertentu. Mengupas sabut, membuka batok, memarut isi dan memeras parutan untuk diambil santannya.

Sabut adalah kulit luar kelapa berupa serat-serat kasar yang harus dibuang dengan cara mengupas. Untuk mengupas kulit luar (sabut) kelapa bisa digunakan alat-alat mekanis sampai mesin kupas.

Alat mekanis pengupas sabut kelapa antara lain; sula (besi dan kayu), parang/golok, bahkan mata pacul/cangkul sekalipun, dapat digunakan untuk mengupas sabut kelapa. Alat-alat tersebut digunakan secara mekanis sehingga memerlukan tenaga manusia. Namun sekarang sudah tersedia mesin pengupas sabut kelapa.

Sula adalah alat pengupas kelapa tradisional yang digunakan sejak dulu kala. Sula ada yang terbuat dari besi namun juga dari bahan kayu dan dibuat menyerupai mata sula. Akan tetapi, tidak hanya sula yang dapat dipakai. Golok/parang  juga sering digunakan untuk mengupas sabut kelapa. Hanya saja menggunakan golok agak lebbih sulit.

Ada juga yang menggunakan mata pacul atau cangkul juga dapat digunakan. Saya justru lebih suka mengupas sabut kelapa dengan menggunakan mata pacul dengan memposisikan mata pacul seperti sula.

0 Response to "Kupasaan Sabut dan Batok Kelapa Unik Seperti Ini Hanya Kebetulan Saja"

Posting Komentar