Mamaknai Peringatan Harkitnas 2019

Mamaknai peringatan harkitnas 2019 – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati tanggal 20 Mei setiap tahunnya, mengangkat tema tertentu yang ditetapkan oeh pemerintah. Seperti dikutip dari situs kominfo.go.id, tema peringatan Harkitnas ke- 111 tahun 2019 ini adalah, “Bangkit untuk Bersatu.”

logo,tema,harkitnas,111
Harkitnas ke- 111 Tahun 2019 (kominfo.go.id)

Tanggal 20 Mei 2019 ini Harkitnas sudah yang ke- 111. Perhitungan Harkitnas ditandai dengan kelahiran organisasi pemuda Boedi Oetomo, 20 Mei 1908. Sementara itu peringatan Harkitnas setiap tahun berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959 tertanggal 16 Desemmber 1959. Harkitnas dinyatakan sebagai hari nasional namun bukan hari libur nasional.

Memang, ada dua peristiwa penting berkaitan dengan Harkitnas, yaitu lahirnya Boedi Oetomo oleh pelajar STOVIA ( 20 Mei 1908) dan Ikrar Sumpah Pemuoeda (28 Oktober 1928).

Kita juga sudah mengetahui banyak tokoh nasional yang berperan dalam gerakan kebangkitan nasional ini, antara lain: Sutomo, Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan lain-lain.

Kebangkitan nasional, seperti yang kita baca dalam buku sejarah adalah gerakan nasional untuk menumbuhkan kesadaran rakyat sebagai orang Indonesia yang senasib dan seperjuangan dalam mengobarkan semangat bersatu untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka.

Indonesia sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Maka peringatan Harkitnas ditujukan untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalis kebangsaan. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Harkitnas ke- 111, “Bangkit untuk Bersatu.”

Peringatan Harkitnas setiap tahun pada hakikatnya adalah upaya memelihara, menumbuhkan dan memperkuat rasa kesatuan dan persatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh sebab itu semangat nasionalisme organisasi pemuda Boedi Oetomo mestilah diteladani dan dicontoh oleh segenap bangsa Indonesia dalam mengisi pembangunan di segala bidang. Mulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat sampai pada tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dirgahayu Harkitnas ke- 111!

0 Response to "Mamaknai Peringatan Harkitnas 2019"

Posting Komentar