Marhaban Ya Ramadhan 1440 H

Marhaban, ya ramadhan 1440 h – Selamat datang, ya ramadhan 1440 H. Bulan Ramadhan kembali datang dan sebagai umat muslim kedatangan bulan penuh ampunan (maghfirah) itu patut kita sambut dengan penuh kegembiraan.

marhaban,ramadhan,persiapan,sambut ramadhan
Ilustrasi menyambut datangnya bulan Ramadhan 1440 H (facebook.com)

Kegembiraan umat islam dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan ditandai dengan adanya persiapan secara menyeluruh, baik fisik, mental, spiritual, akal dan material. Tujuannya adalah agar ibadah yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT.

1.Persiapan mental

Berpuasa sebulan lamanya di bulan Ramadhan serta mengerjakan amaliah lainnya semata untuk mengharapkan ridho Allah sehingga dilaksanakan dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

2.Persiapan sosial

Persiapan sosial adalah memperbaiki tali silaturrahmi antar sesama umat muslim. Saling memberi dan meminta maaf  kepada orang-orang di sekitar kita bergaul, baik secara langsung (offline) maupun tidak langsung (online0.

3.Persiapan ilmu (saqafiyah)

Persiapan yang tak kalah penting adalah mendalami ilmu berkaitan dengan ibadah bulan Ramadhan. Persiapan ini disebut juga persiapan akal (fikriyah). Mempelajari kembali rukun puasa, syarat-syarat sah puasa, hal yang membatalkan puasa, amalan yang bernilai tinggi di bulan puasa dan lain sebagainya.

4.Persiapan fisik

Berpuasa secara lahiriyah adalah menahan lapar dan haus. Pola makan dua kali atau tiga kali sehari akan berkurang selama bulan puasa. Selain itu jika menghadapi bulan puasa dalam keadaan sakit maka kesempatan berpuasa jadi hilang. Oleh sebab itu perlu menjaga kesehatan jasadiyah yang lebih baik.

Selain itu mempersiapakn diri dengan kebersihan rumah, tempat ibadah dan lingkungan sekitar. Dengan persiapan ini kita jadi nyaman berpuasa dan melaksanakan amaliah lainnya selama bulan Ramadhan.

5.Persiapan material

Persiapan material berupa persiapan harta dan benda (maliyah) bertujuan untuk membekali diri dalam beramal seperti infak dan sedekah, disamping menyiapkan bekal sahur dan berbuka puasa.

Itulah diantaranya persiapan dalam menghadapi bulan puasa Ramadhan sebagai bukti kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.
Marhaban, ya Ramadhan..Admin dan semua kontributor matrapendidikan.com mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa. Maaf Lahir dan Bathin kepada semua pengunjung yang budiman. 

0 Response to "Marhaban Ya Ramadhan 1440 H"

Posting Komentar