Pendidikan Itu Adalah Taman yang Mengasyikkan

Pendidikan itu adalah taman yang mengasyikkan – Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tahun. Dan, Peringatan Hardiknas tahun ini kiranya cukup istimewa. Dilaksanakan setelah bangsa Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar di Indonesia, Pemilu serentak yang telah dilangsungkan 17 April 2019 lalu.

peringatan,hardiknas,pendidikan,taman mengasyikkan
Ilustrasi Peringatan Hardiknas 2019 (internet)

Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg, tidak lepas dari peran pendidikan. Proses pendidikan telah memberikan andil dalam mencerahkan sikap dan mental bangsa dalam berdemokrasi sesuai Sila ke- 4 Pancasila..

Berkaitan dengan Peringatan Hardiknas 2019 ini sengaja disajikan artikel inspirasi dengan judul Pendidikan Itu Adalah Taman yang Mengasyikkan.

Menarik untuk dicermati pesan Mendikbud RI, Muhadjir Efendy beberapa hari lalu melalui berbagai media dimana merayakan Hardiknas 2019 ini dengan gembira sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara.

Pesan ini juga berkaitan dengan tema Peringatan Hardiknas tahun 2019 ini, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Penguatan pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai strategi dan metode dalam proses pendidikan. Namun secara filosofis, sebagaimana ajaran Ki Hajar Dewantara, menjadikan dunia pendidikan itu sebagai taman dan lazimnya taman itu pasti mengasyikkan, menggembirakan dan mencerahkan.
Simak juga : Guru Hebat Itu, Bagaimana Atau Seperti Apa, sih?
Proses pendidikan sejatinya menjadi sebuah taman yang mengasyikkan. Membuat orang yang terkait di dalam proses pendidikan itu, tidak merasa tertekan atau menjadikannya momok. Sebaliknya taman (pendidikan) itu menjadi tempat menggembirakan dan sangat menyenangkan.

Sebagai taman, proses pendidikan itu seyogyanya menjadi hal yang  dapat mencerahkan, sebagai hasil dari proses yang mengembirakan dan mengasyikkan. 

Jika sudah demikian, proses pendidikan itu akan jauh dari tekanan dalam bentuk apapun, apalagi yang namanya stres. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2019

0 Response to "Pendidikan Itu Adalah Taman yang Mengasyikkan"

Posting Komentar