Prospek Wisata Alam Talago Anguih Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Prosepek wisata alam talago anguih berpotensi tingkatkan ekonomi masyarakat - Pada artikel sebelumnya sudah disinggung sekilas tentang prospek wisata Talago Anguih sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

talago anguih,wisata air,pemandangan indah
Sesudut pemandangan di Talago Anguih dikala menjelang senja (Arnis, S.Pd/matrapendidikan.com)

Pengelolaan objek wisata alam air ini dilakukan oleh salah satu lembaga usaha masyarakat nagari yang disebut BUMNag (Badan Usaha Milik Nagari) Semasta Taluak dan Pemnag (Pemerintah Nagari) Taluak.

Pengelola BUMNag serta Pemnag harus jeli membaca dan memanfaatkan peluang objek wisata ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat nagari. Talago Anguih berpotensi besar untuk menggerakkan ekonomi dalam bidang produk kuliner serta kerajinan mainan anak. .
Wisata Alam Talago Anguih dinilai sebagai asset nagari Taluak yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Nagari (PAN) Taluak dalam jangka panjang. Berikut gambaran potensi wisata alam air Talago Anguih.

Lokasi strategis

Wisata Talago Anguih terletak di lokasi yang cukup strategis. Mudah dijangkau oleh pengunjung dari Kabupaten Sijunjung, Kabupaten 50 Kota dan dari Kota Batusangkar. Begitu pula prasarana jalan untuk menuju lokasi pun sudah memadai.

perahu angsa,ikon wisata,digemari anak
Inilah ikon wisata air yang sangat digemari anak-anak dan kaum remaja (Arnis, S.Pd/matrapendidikan.com0

Untuk sampai ke lokasi dari Simpang Tugu Kulit Manis hanya menempuh jarak lebih kurang 400 meter. Keliling Talago Anguih sudah dilengkapi dengan prasarana jalan yang representatif.

Sementara itu di sebelah barat Talago Anguih memiliki pinggiran yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan pemasaran produk kuliner dan kerajinan mainan anak.

Paling tidak, pada hari libur, hari lebaran, masyarakat dapat memasang lapak untuk berjualan makanan dan minuman serta mainan anak di seputaran Talago Anguih. Mayarakat Taluak yang rata-rata bermata pencaharian bertani dan berkebun dapat menambah penghasilan dengan berjualan di sekitar Talago Anguih.

Wahana wisata

Yang tak kalah penting adalah melengkapi wahana wisata alam air. MIsalnya, perahu air dengan areal yang cukup luas paling tidak memiliki 10 armada. Selain itu juga perlu dilengkapi dengan wahana biduk/cano, sampan/rakit bambu, dan lain sebagainya.

Tempat duduk pengunjung di sekeliling pinggiran telaga perlu disediakan paling tidak terbuat dari kayu dan bambu.

pengunjung wisata,talago anguih
Pengunjung wisata Talago Anguih di hari biasa. (Arnis, S.Pd/matrapendidikan.com)

Oleh karena Talago Anguih yang cukup luas, juga cocok dijadikan ajang pacu biduk/kano,  pacu sampan/rakit bambu.

Disadari memang, untuk membenahi Talago Anguih menjadi objek wisata alam yang representatif perlu waktu dan dana yang memadai. Perlu kucuran dana nagari, swadaya masyarakat dan pemerintah.
Lebih dari itu adalah kemauan dan kerja sama antara BUMNag dengan PemNag dalam membenahi destinasi wisata andalan masyarakat Taluak ini. Sekian ulasan/tinjauan (review) blog Matra Pendidikan tentang prospek wisata alam Talago Anguih dalam bidangekonomi masyarakat Taluak.

0 Response to "Prospek Wisata Alam Talago Anguih Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat"

Posting Komentar