Buku Tetap Sebagai 'Jendela' Utama Dunia Disamping Internet

Buku tetap sebagai 'jendela' utama dunia disamping internet – Tak dapat dinafikan lagi dimana pada zaman milennial ini kebanyakan masyarakat sudah terjebak ke dalam budaya serba instan. Tidak terkecuali dengan para remaja yang menjadi bagian dari  komunitas mayarakat.

buku,jendela dunia,membaca
Ilustrasi buku sebagai jendela dunia (pexels.com)

Hal ini disebabkan oleh produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin moderen serta memanjakan para remaja. Sebutlah itu gadget dan jaringan internet.
Gadget merupakan salah satu produk ilmu pengetahuan dan teknologi dengan fungsi praktis dalam penggunaannya. Perangkat ini bersifat fortabel, dapat dan mudah dibawa kemana orang suka.

Para remaja tidak perlu lagi bertandang ke warung internet (Warnet) sekalipun hanya untuk bermain game. Atau mencari bahan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah.
Pada gadget yang dimiliki, para remaja sudah dapat mengakses semua itu. Gadget sudah dilengkapi dengan sarana jaringan internet dan web browser. Melalui dua sarana ini para remaja dapat menjelajahi berbagai informasi yang bertebaran di dunia internet.

Web browser merupakan sarana untuk menjelajah website menggunakan fasilitas mesin pencarian (search engine). Banyak sudah mesin pencari yang ada dan digunakan sampai sekarang.

Google menjadi salah satu mesin pencari (seach engine) paling umum digunakan disamping yahoo, bing, ask dan lain sebagainya.

Pemilik gadget dapat menginstal beberapa fasilitas web browser tersebut sebagai wahana searching pada internet. Melalui peramban google chcrome, firefox, safari, internet explorer dan opera misalnya, para remaja akan mudah berselancar dan menemukan konten yang dicari dan dibutuhkan.

Memang terbukti, para remaja semakin dimanjakan dengan gadget dan fasilitas pendukungnya sehingga mengantarkan mereka pada budaya serba instan. Apakah ini menjadi ancaman terhadap buku dan budaya baca di kalangan remaja?

Boleh jadi. Namun perlu diingat oleh para remaja. Internet memang penting sebagai referensi untuk bahan dan sumber belajar. Namun tidak mungkin mengandalkan media tersebut sebagai sumber informasi utama.

Sumber informasi utama bagi para remaja sebagai sumber dan bahan belajar adalah buku. Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Budaya baca di kalangan remaja perlu lebih ditingkatkan karena dengan membaca akan membuat para remaja lebih cerdas.

Buku akan tetap menjadi jendela dunia, bahan dan sumber belajar utama karena konten buku sudah terjamin berkualitas dan dapat mencerdaskan karena sudah melalui serangkaian proses sebelum dikonsumi oleh mayarakat.
Sementara internet juga bagus untuk dimanfaatkan guna melengkapi referensi informasi positif bagi para remaja dalam mencari bahan dan sumber belajar.

0 Response to "Buku Tetap Sebagai 'Jendela' Utama Dunia Disamping Internet"

Posting Komentar