Pengembangan Talago Anguih Sejalan dengan Program Pemberdayaan Masyarakat Secara Langsung


Pengembangan Talago Anguih sejalan dengan program pemberdayaan masyarakat seara langsung  - Wali Nagari Taluak Pendi Aswil mengatakan bahwa pengembangan objek wisata Talago Anguih ke depan, diarahkan sejalan dengan program pemberdayaan masyarakat secara langsung, dalam bentuk usaha ekonomi produktif sehingga Talago Anguih menjadi wahana edukasi bagi masyarakat di  nagari ini.

pndi aswil,wali nagari,taluak,lintau buo
Wali Nagari Taluak Pendi Aswil (matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan Pendi Aswil saat berbincang ringan dengan admin matrapendidikan.com di sela-sela penyelenggaraan partai perempat final Pacu Perahu 2019 di lokasi objek wisata Talago Anguih, Kamis (13/6).

“Dalam waktu dekat akan ditebarkan benih ikan di telaga ini sebagai usaha ikan keramba yang pengelolaannnya diserahkan kepada BUMNag,” ujar Pendi Aswil.

Lebih jauh Wali Nagari Taluak memaparkan bahwa pemberdayaan masyarkat secara langsung melalui pengembangan objek wisata Talago Anguih bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut.

"Selama ini masyarakat di nagari ini belum menjadikan dan mengelola kolam ikan yang dimiliki menjadi usaha ekonomi produktif. Nah, keramba ikan di Talago Anguih akan menjadi wahana edukasi seara langsung oleh masyarakat." tutur Pendi Aswil.

Pengelolaan dan pengembangan objek wisata Talago Anguih sepenuhnya diserahkan kepada BUMNag (Badan Usaha Milik Nagari). Namun demikian secara operasional tak terlepas dari Pemerintah Nagari, BPRN dan KAN Taluak.

Oleh sebab itu pengembangan objek wisata Talago Anguih diharapkan dapat memberi kontribusi nyata terhadap Bumnag sendiri, pendapatan asli nagari dan KAN Taluak. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan usaha dan ekonomi masyarakat serta menciptakan lapangan kerja.
Di bagian akhir Wali Nagari Taluak, Pendi Aswil berharap agar BUMNag beserta pemuda dapat mengemas Talago Anguih menjadi paket wisata yang lebih menarik sehingga menjadi destinasi wisata andalan di Lintau IX Koto dan sekitarnya.

0 Response to "Pengembangan Talago Anguih Sejalan dengan Program Pemberdayaan Masyarakat Secara Langsung"

Posting Komentar