Sekilas Tentang Literasi

Sekilas tentang literasi – Sebenarnya arti literasi itu, apa sih? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang anda lontarkan ketika mendengar orang mengucapkan kata ‘literasi’. Selanjutnya Anda juga sering mendengar istilah-istilah terkait literasi, misalnya; literasi budaya, literasi perpustakaan, literasi kelas, literasi sekolah, literasi informasi dan banyak lagi literasi lainnya.

literasi,pengertian literasi,budaya literasi
Ilustrasi literasi (pexels.com)

Kali ini kita coba mebahas sekilas tentang arti kata ‘literasi’ yang semakin viral akhir-akhir ini. Kata ‘literasi’ diserap dari bahasa asing, seperti bahasa Inggris (literace) dan bahasa latin (literatus) yang artinya, orang yang belajar.

Cara dan sudut pandang orang yang beragam dalam  membahas literasi, maka arti dan jenis  literasi juga mengalami keberagaman. Menurut badan dunia UNESCO, literasi adalah keterampilan membaca dan menulis.

Agaknya pengertian ini cukup sederhana. Sementara menurut EDC (Education Development Center), literasi tidak hanya terbatas pada keterampilan membaca dan menulis.

Literasi diartikan oleh EDC sebagai kemampuan personal dalam menggunakan segenap potensi dan keahlian yang dimiliki personal dalam hidupnya.

Sedangkan NIL (National Institute for Literacy) mengartikan literasi lebih terinci dimana mencakup kemampuan personal mulai dari membaca, menulis, berbicara sampai kemampuan berhitung dan memecahkan masalah.

Dari berbagai pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa literasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi diri dalam meningkatkan kualitas hidup sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat.

Dalam praktiknya, akhir-akhir ini kita menemukan istilah literasi budaya, budaya literasi, lierasi informasi, literasi sains dan lain sebagainya. Penyebutan ini ternyata berdasarkan atas basis, objek dan disiplin keilmuan yang dibahas.

Jika basisnya di sekolah, kelas atau peprustakaan, maka disebut dengan literasi sekolah, literasi kelas dan literasi perpustakaan. Ada pula penyebutan literasi berdasarkan objeknya, misalnya literasi siswa dan literasi keluarga serta literasi masyarakat.
Berdasarkan disiplin keilmuan, ada literasi budaya, literasi informasi dan lain sebagainya. Nah, budaya literasi, dapat diartikan secara bebas sebagai budaya membaca dan menulis di kalangan komunitas tertentu.

0 Response to "Sekilas Tentang Literasi"

Posting Komentar