5 Tips Ringan Saat Anda Berlebaran di Kampung Halaman

5 Tips ringan saat anda berlebaran di kampung halaman -  Bagi perantau yang mudik ke kampung halaman atau dalam istilah Minangkabau Pulang Kampuang sangatlah mengasyikkan. Selain dapat bertemu dengan keluarga, sanak famili dan handai tolan, juga dapat melepas kangen dengan kampung halaman.

lebaran,kunjungi,destinasi wisata
Salah satu destinasi wisata air di kampung halaman (matrapendidikan.com)

Tujuan utama mudik lebaran adalah dapat bertemu dan menjalin silaturrahmi dengan famili dan handai taulan di kampung halaman. Selain itu dapat pula melepas kangen pada kampung halaman serta daerah tertentu yang menjadi destinasi wisata.

Beruntunglah anda yang sudah 6 bulan atau setahun meninggalkan kampung halaman dan kesempatan itu hadir kembali di momen tertentu seperti lebaran idul fitri. Bagi yang belum sempat karena sesuatu dan lain hal, mungkin lebaran berikutnya bisa mudik ke kampung halaman.

Berikut tips ringan ala matrapendidikan.com berlebaran di kampung halaman.

1.Utamakan bersilaturrahmi

Di kampung halaman anda boleh jadi bersilaturrahmi dengan sanak saudara, karib kerabat atau teman lama, mantan dan lain sebagainya. Tentu saja momen ini menjadi bersejarah dan mengesankan bagi anda sehingga lebaran berikutnya menajdi motivasi untuk pulang ke kampung halaman..

2.Membagikan uang kertas baru

Mungkin hanya sebagian tradisi di kamung. Dimana anak-anak atau bocah datang ke rumah saat lebaran, kemudian saat hendak pergi dan bersalaman, anda akan memberikan uang kertas baru yang membuat hati anak-anak gembira dan bangga dengan anda.

Di Minangkabau hal ini di sebut dengan Manambang. Jangan anda berpikiran  apriori dulu terhadap mereka, boleh jadi mereka itu sangat gembira dan berdoa agar riski anda jadi bertambah. Usaha anda di perantauan, kelak menjadi lancar dan mengharapkan anda pulang ke kampung halaman dengan sukses lebaran depannya.

Tentu saja, jauh-jauh hari di perantauan atau sesudah sampai di kampung halaman anda akan menukar sejumlah uang dengan uang recehan kertas terbaru. Dan ini akan anda bagikan saat lebaran atau sebelum anda kembali balik ke perantauan.

3.Mengunjungi destinasi wisata terdekat

Saat anda sampai di kampung halaman beberapa hari sebelum lebaran, mungkin anda merasa letih atau jenuh. Anda yang sudah terbiasa sibuk di perantauan menjalani kehidupan dengan aneka profesi, sampai di kampung terasa sedikit agak aneh.

Mungkin anda perlu mengunjungi objek wisata terdekat dengan rumah di kampung. Tak perlu jauh-jauh, cukup pergi ke tempat wisata yang berlokasi di desa atau kabupaten kampung anda berda.
Baca juga : Festival Pacu Perahu Bakal Digelar di Talago Anguih Taluak Lintau Buo 
Untuk perantau Tanah Datar misalnya, bisa berkunjung ke Istano Pagaruyuang, Nagari Tuo Pariangan, Panorama Tabek Patah, Danau Singkarak, dan lain sebagainya. Selain itu Pemda Tanah datar juga menyelenggarakan even tertentu seperti Festival Takbiran, Pacu Jawi, Lintau Expo 2019 dan Pasar Vander Cavellen.  

Bagi anda di wilayah Lintau IX Koto, banyak juga momen dan objek tujuan wisata disini, seperti Puncak pato, Ngalau Pangian, Talago Anguih, dan lain sebagainya. Ada Festival Pacu Perahu di Talago Anguih (7 sd 15 Juni) dan Lintau Expo 2019 (9 sd 11 Juni).

4.Jangan banyak tidur di rumah

Di rumah saja tanpa aktivitas akan menimbulkan kecanggungan tersendiri bagi anda setelah di kampung halaman. Cari aktivitas yang menyenangkan supaya anda tidak terseret oleh rasa ngantuik dan ingin tidur saja berjm-jam siang hari di rumah. Main ke warung, tetanbgga di kampung dan lain sebagainya.

5.Jangan berlebihan

Dapat mudik ke kampung halaman tentu saja sangat membahagiakan bagi anda. Namun kegembiraan itu boleh jadi membuat anda terseret ke nuansa berlebihan. Makan lebih enak, tidur lebih nyenyak di kampung halaman. Begitu pula pengeluaran lainnya yang mungkin membuat anda kesulitan untuk kembali balik ke perantauan.
Demikianlah 5 tips ringan untuk anda yang ebrlebaran di kampung halaman. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.

2 Responses to "5 Tips Ringan Saat Anda Berlebaran di Kampung Halaman"

  1. Nah ini, kalo saya mudik terkadang terbawa suasana yang dingin, bawaannya pengen makan dan tidur terus. Untuk urusan jalan-jalan, tempat wisata di kampung kadang suka sangat rame saat Idul Fitri, kayak di Tegal, wilayah Guci, yang dekat dengan rumah istri, sangat padat macet.

    Silaturahmi pasti, karena ini nilai esensi dari mudik yang sebenarnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pada situasi dan kondisi di kampung ya mas? Tapi yang utama pastilah silaturrahmi seperti yang mas katakan juga...

      Hapus