Wakil Bupati Tanah Datar Tutup Festival Pacu Perahu di Taluak Lintau Buo

Wakil bupati tanah datar tutup festival pacu perahu di taluak lintau buo – Festival Pacu Perahu Tahun 2019 Taluak Lintau Buo berakhir. Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar, Zuldafri Darma secara resmi menutup iven yang berlangsung selama 9 hari tersebut di dermaga timur objek wisata Talago Anguih, Simpang Kulit Manis Taluak, Sabtu (15/6).

wabup,zuldafri darma,sambutan penutupan,pacu perahu
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma memberikan sambutan penutupan Pacu Perahu (matrapendidikan.com)

Warga masyarakat Nagari Taluak dan sekitarnya, besar kecil, tua muda tumpah ruah memadati area pinggiran sektor timur dan barat objek wisata Talago Anguih.

Selain animo untuk menyaksikan partai puncak Pacu Perahu juga disebabkan oleh keinginan mengikuti  acara penutupan (closing event) Festival Pacu Perahu dan untuk menikmati sensasi Talago Anguih dengan menjelajahi telaga menggunakan wahana wisata air yang ada.

Bersama rombongan Wabup terlihat Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM DR.Ermon Revlin, Irwan Rahmat, S.Sos mewakili Kadis Parpora, Camat Lintau Buo Zulkifli Sos, Jefri Masrul, SE Caleg terpilih Pemilu lalu dan tamu lainnya. 

Selain pejabat dari kabupaten dan kecamatan juga nampak perangkat nagari Taluak, tokoh dan pemuka msyarakat nagari Taluak.

wabup,operator perahu,tanah datar
Luar biasa, Wabup Zuldafri Darma (pakai topi) menjadi operator mesin tempel perahu raun objek wisata Talago Anguih Taluak Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Sebelum acara penutupan, Zuldafri Darma bersama tombongan menjajal perahu motor dengan berkelana mengelilingi telaga. Bahkan tidak hanya sampai disitu, pada kesempatan kedua Wabup menjadi operator mesin tempel perahu motor beratap rendah tersebut.

Dalam sambutan penutupannya Wabup Zuldafri Darma merasa salut dengan kerjasama yang terjalin antara pemuda, tokoh masyarakat, serta pemerintah nagari untuk mnyelenggarakan iven pacu perahu dan mengelola Talago Anguih sebagai objek wisata potensial.

“Apa yang telah dikembangkan oleh Pemnag, Bumnag dan pemuda di nagari ini sejalan dengan kebijakan pembangunan di Tanah Datar. Salah satu diantaranya adalah sektor pariwisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” tutur Wabup.

Lebih jauh, Wabup mengatakan promosi objek wisata dan iven Pacu Perahu lebih digencarkan lagi.

“Melalui promosi, objek wisata dan iven Pacu Perahu ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Nagari Taluak melain juga wilayah Tanah Datar dan kabupaten lain di Sumatera Barat,”
Dalam kesempatan itu Wabup juga berharap kepada Jefri Masrul, Caleg Terpilih pada Pemilu lalu, yang juga berkesempatan hadir, untuk memperjuangkan pembangunan di kabupaten Tanah Datar dan termasuk pariwisata termasuk di nagari Taluak.

Wendri Aswil, ketua pelaksana Festival Pacu Perahu Tahun 2019 di Talago Anguih ini, melaporkan bahwa dana yang dihasilkan oleh iven pacu perahu ini digunakan untuk pengelolaan dan pengembangan objek wisata Talago Anguih sebagai aset BUMNag.

foto,selebrasi,kemenangan,tim juara,pacu perahu
Foto selebrasi tim Juara Pacu Perahu dengan Jefri Masrul,SE (matrapendidikan.com)

Sedangkan Wali Nagari Taluak, Pendi Aswil dalam sambutannya mengharapkan kepada pihak Pemda agar objek wisata ini dapat dijadikan agenda wisata Tanah Datar di tahun depan.

Sementara itu, Tim Rajo Adat dan Kereta Tak Balampu, masing-masing keluar sebagai Juara I dalam kategori senior dan pelajar. Tim Avatar dan Pokan Jumat meraih juara II dan III untuk kategori Senior. Sedangkan Juara II kategori pelajar diraih oleh Tim Pancucuak Labu.

0 Response to "Wakil Bupati Tanah Datar Tutup Festival Pacu Perahu di Taluak Lintau Buo"

Posting Komentar