Kegiatan PLS di Sekolah Telah Dimulai Kemaren

Kegiatan pls di sekolah telah dimulai kemaren – Kepala SMPN 2 Lintau Buo Titin Susilawati, S.Pd.  telah membuka secara resmi kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), sekaligus memasang tanda peserta secara simbolis kepada peserta didik baru di halaman sekolah tersebut kemaren, Senin (15/7).


pls,peserta didik,baru
Peserta didik baru saat pembukaan kegiatan PLS (matrapendidikan.com)

Pembukaan kegiatan PLS bagi siswa baru, seperti diinfokan kontributor matrapendidikan.com, Rahid Sikumbang dan Hadi Rahim, didahului dengan upacara bendera hari pertama sekolah tahun pelajaran 2019/2020. 

Upacara bendera dan pembukaan PLS diikuti oleh segenap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, mantan kepsek Fauzi, S.Pd, orangtua/wali peserta didik, siswa kelas VIII dan IX serta peserta didik baru SMPN 2 Lintau Buo.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan PLS, Kepala SMPN 2 Lintau Buo Titin Susilawati, S.Pd. berharap kepada orangua/wali peserta didik baru untuk mendukung setiap program pendidikan di sekolah dalam proses pendidikan anak-anaknya.

pemasangan,tanda peserta,pls,simbolis
Kepala sekolah memasangkan tanda peserta PLS secara simbolis (Rahid S/Hadi R/matrapendidikan.com)

“Kami berharap agar bapak dan ibuk orangtua/wali peserta didik baru untuk mendukung dan bekerja sama dalam menjalankan proses pendidikan anak di sekolah ini supaya anak-anak kita berhasil dalam belajar,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Triyanda Putra, S.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta didik baru yang akan mengikuti kegiatan PLS sebanyak 84 orang, dimana 47 peserta didik laki-laki dan 37 peserta didik perempuan.

ketua panitia,pls,triyanda putra
Triyanda Putra, S.Pd ketua penyelenggara PLS di sekolah (matrapendidikan.com)

“Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dengan nama kelompok Garuda, Pusaka, Darma dan Merah Putih. Sementara itu tutorial atau pembimbing kegiatan PLS berjumlah 9 orang.” papar Triyanda Putra, S.Pd.

Lebih jauh guru muda dan enerjik ini memaparkan bahwa materi utama yang dikenalkan kepada peserta didik baru antara lain; tata tertib siswa, bahaya n*rk*ba, program dan cara belajar, wawasan wiyata mandala, kepramukaan, PBB, wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter.

Selain tenaga pendidik dan tenaga pendidik SMPN 2 Lintau Buo, kegiatan PLS bagi peserta didik baru di SMPN 2 Lintau Buo juga menghadirkan pemateri dan pembimbing dari aparat TNI dari Kodim 0307 Tanah Datar.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Kegiatan Penumbuhan Wawasan Kebangsaan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.
Kegiatan PLS bagi Peserta Didik Baru di SMPN 2 Lintau Buo akan berlangsung selama 3 hari, senin sd Rabu (15 juli sd 17 Juli 2019).

Perkenalkan diri dan misi

Mengawali amanat sebagai pembina upacara bendera pertama bertugas di SMPN 2 Lintau Buo, Kepala SMPN 2 Lintau Buo memperkenalkan diri dan misinya kepada semua personil sekolah dan orangtua/wali peserta didik baru.

Menurut pengamatannya dalam beberapa hari terakhir setelah dilantik menjadi kepala sekolah, Titin Susilawati, S.Pd menyebutkan bahwa misinya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

“Perhatian saya selaku kepala sekolah yang baru adalah disiplin sekolah karena kita tahu disiplin adalah kunci keberhasilan suatu sekolah dalam menjalankan proses belajar.”  katanya memulai amanat.

Lebih jauh kepala sekolah wanita pertama di SMPN 2 Lintau Buo ini lebih banyak menyorot disiplin siswa dalam belajar, berpakaian dan berpenampilan. Ia menekankan bahwa siswa harus berpakaian dan berpenampilan sebagai anak sekolah dan jangan seperti preman.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, wanita 3 anak ini memberikan kiat ringan untuk siswa. Kunci utamanya adalah berniat dengan sungguh-sungguh. Sarapan pagi di rumah lebih penting karena menjaga stamina siswa dalam belajar di sekolah.

0 Response to "Kegiatan PLS di Sekolah Telah Dimulai Kemaren"

Posting Komentar