Seperti Apa Kompetensi Guru di Era Milennial?

Seperti apa kompetensi guru di era milennial? – Sangat menarik untuk dicermati apa yang disampaikan oleh Erdineri, S,Pd., Koordinator Pengawas (Korwas) Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar dalam pertemuan resmi dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Lintau Buo, Kamis (18/7).

guru milennial,kompetensi,internet,teknologi
Guru milennial perlu pahami dan kuasai teknologi informasi (matrapendidikan.com)

Ada 4 hal penting yang harus dimiliki oleh guru di era milennial agar dapat menjalankan tugas keguruan dengan baik. Keempat unsur tersebut adalah kompetensi, kreativitas, loyalitas dan tanggung jawab.
“Guru harus memiliki empat kompetensi tersebut namun yang paling utama adalah kompetensi disamping kreativitas, loyalitas dan tanggung jawab,” kata Erdineri, S.Pd. didampingi Titin Susilawati, S.Pd. Kepsek SMPN 2 Lintau Buo dan Rosyid Mahmudi, S.Pd.M.Pd., Pengawas Dikbud Tanah Datar

Guru di era milennial ini harus memiliki sejumlah kompetensi atau kemampuan dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Dalam menyusun perencanaan, guru perlu memahami kurikulum yang berlaku, karakter peserta didik, potensi dan sumberdaya sekolah.

Menyusun perencanaan, di zaman millennial ini tidak masanya lagi dilakukan secara manual. Oleh sebab itu seorang guru harus menguasai informasi dan teknologi, baik komputer maupun jaringan.

Dalam hal ini guru harus mampu memahami dan menggunakan komputer/laptop serta aplikasi yang berkaitan dengan administrasi guru dan kesiswaan. Selain itu juga memahami kerja smartphone.

Dalam melaksanakan pembelajaran di ruang kelas, guru perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan peserta didik dan dinamika sosial di lingkungannya. Menguasai strategi dan cara mengajar kekinian.

Guru milennial akan menerapkan strategi dan cara mengajar yang disukai peserta didik sehingga mereka tidak bosan belajar. Dengan demikian peserta didik betah belajar di ruang kelas, tidak menimbulkan perilaku menyimpang sehingga pembelajaran berjalan lancar.

Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 semakin kompleks dimana unsur yang dinilai tidak hanya aspek pengetahuan (kognitif). Aspek sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) sudah dikedepankan dalam sistem penilaian Kurikulum 2013.
Guru milennial tentunya, mau atau tidak, perlu menguasai aplikasi pengolah nilai yang digunakan sehingga dapat memberikan informasi hasil belajar kepada siswa maupun orangtua siswa.

0 Response to "Seperti Apa Kompetensi Guru di Era Milennial?"

Posting Komentar