Mengenal Apa Itu VPS dan Kegunaannya Serta Pertimbangan dalam Memilih VPS Indonesia

Mengenal apa itu vps dan kegunaannya serta pertimbangan dalam menggunakan vps indonesia – Pada kesempatan ini akan disajikan pembahasan tentang mesin virtual (Virtual Machine/VM) sekadar berbagi pengetahuan dan informasi dengan pengunjung yang budiman. Anda perlu mengenal lebih dulu seluk beluk mesin virtual sebelum memilih dan menyewa virtual server ini pada provider penyedia layanan mesin virtual Indonesia.

mengenal,vps,virtual server,kegunaan
Ilustrasi VPS (pixabay.com)


Pengertian VPS

Mesin virtual adalah virtual server yang menggunakan teknologi virtualisasi. Mesin virtual ini dikenal sebagai VPS  (virtual Private server). VPS merupakan server yang sudah dibagi menjadi beberapa virtual server.

Dapat juga dikatakan bahwa VPS adalah sebuah tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama.

Pada hakikatnya VPS adalah komputer server karena cara kerjanya sama dengan komputer biasa yang dipakai. Hanya saja, VPS dijalankan menggunakan teknologi virtualisasi pada komputer server dengan spesifikasi hardware tinggi dan memiliki performa yang lebih cepat untuk keperluan hosting sebuah website.

VPS memberikan akses kontrol, kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Anda mendapatkan suatu kapling untuk diisi dengan website. Anda juga dapat mendapatkan akses root, memilih resource dan memilih sistem operasi yang digunakan.

VPS dapat berjalan layaknya sebuah Dedicated Server dan juga dapat diinstall sistem operasi (OS) tersendiri serta dapat mengatur virtual komputernya tanpa mengganggu virtual komputer yang lain.

Dapat juga dikatakan bahwa VPS adalah teknologi yang memungkin sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri.
Pada virtual server domaiNesia misalnya, dapat diinstal/digunakan pada OS dan berbagai aplikasinya sendiri seperti Ubuntu, CentOS, Debian bahkan custom ISO. Virtual server domaiNesia merupakan salah satu provider VPS Indonesia yang memiliki keunggulan dengan teknologi termutakhir.

VPS dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan mempengaruhi hardware server secara langsung.

Jadi, mesin virtual merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

Kegunaan mesin virtual

Apa kegunaan mesin virtual? Mesin virtual atau VPS merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri.

Mesin virtual dapat diinstall pada sistem operasi (OS) tersendiri dan dapat mengatur virtual komputernya tanpa mengganggu virtual komputer yang lain. Oleh sebab itu mesin virtual dapat digunakan untuk keperluan web hosting, file server dan game server.

Pertimbangan memilih mesin virtual

Memang tidak semua orang harus memilih secara langsung ketika pertama kali membuat website. Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan mesin virtual dalam menjalankan website perlu dipertimbangkan:

1.Kebutuhan
Apakah anda sudah membutuhkan mesin virtual untuk website anda? Jika website anda berkembang dan memperoleh trafik tinggi, anda perlu media penyimpanan yang lebih besar. Menggunakan mesin virtual akan membuat media penyimpanan tidak terbatasi dan dapat dikembangkan sesuai bisnis anda.

Anda juga membutuhkan keamanan dimana banyaknya website yang menempati satu hosting. Dengan mesin virtual kemanan dan kontrol penuh akan anda miliki.

Anda merasa tidak perlu berbagi dengan pengguna lain. Dengan mesin virtual anda tidak perlu berbagi dengan pengguna lain karena anda adalah satu-satunya pengguna.

2.Finansial
Provider mesin virtual menyediakan spesifikasi beragam sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan anda. Semakin besar spesifikasi yang ditawarkan semakin besar pula biaya yang akan anda keluarkan. Oleh sebab itu perlu juga pertimbangkan finansial anda.

3.Hardisk yang digunakan
Sebelum memutuskan untuk menyewa mesin virtual pada layanan provider perlu mempertimbangkan kapasitas hardisk yang anda gunakan. Sesuaikan kapasitas disk space yang disewa dengan kebutuhan website dan sistemnya. Jika kebutuhan website atau sistemnya memerlukan disk space besar maka disk space anda sewa juga besar.

4.Bacup data
Bacup data merupakan upaya untuk menyimpan data untuk mencegah kesalahan konfigurasi dan kesalahan lainnya yang menyebabkan hilangnya semua data. Oleh sebab itu lakukan backup data data secara berkala. Ini sangat penting bagi pengguna yang mengembangkan usaha dengan menggunakan layanan mesin virtual untuk menyimpan data klien.

5.Letak server
Pengguna mesin virtual juga perlu mempertimbangkan letak server untuk mengurangi resiko penundaan sat pengiriman data dari dan ke server. Sebab lokasi berpengaruh terhadap koneksi antara klien dan server.

Beberapa pengguna tidak mempermasalahkan lokasi atau letak server. Namun kebanyakan pengguna membutuhkan keamanan dan  kepercayaan untuk data centernya.

6.Sistem operasi yang ditawarkan
Hal yang tak kalah penting dipertimbangkan sebelum menyewa mesin virtual adalah sistem operasi (operating system/OS) yang digunakan. Ada dua OS yang ditawarkan, linux dan windows. Sesuaikan sistem operasi yang anda butuhkan dengan yang ditawarkan provider mesin virtual.

Jika anda telah menguasai seluk beluk VPS dan memerlukan untuk website anda maka anda dapat menghubungi provider penyedia mesin virtual. Untuk itu kami rekomendasikan di vps indonesia terbaik, salah satu provider vps Indonesia yang murah namun berkualitas.

0 Response to "Mengenal Apa Itu VPS dan Kegunaannya Serta Pertimbangan dalam Memilih VPS Indonesia"

Posting Komentar