Menyaksikan Fenomena Alam Gerhana Bulan Sebagian

Menyaksikan fenomena alam gerhana bulan sebagian – Gerhana bulan sebagian yang terjadi dini hari tadi, Rabu (17/7) dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan admin matrapendidikan.com, juga sempat menyaksikan gerhana bulan parsial tersebut secara langsung dengan mata telanjang atau tanpa peralatan optik di wilayah Lintau Kabupaten Tanah Datar.

menyaksikan,gerhana  bulan,gerhana parsial,sebagian
Kondisi bulan sebelum terjadi gerhana parsial (matrapendidikan.com)

Namun demikian prosesi gerhana bulan parsial tersebut tidak dapat diamati sampai tuntas karena langit wilayah Lintau ditutupi awan dan kabut tebal sampai pagi hari.

Gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian merupakan fenomena alam yang terjadi karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak seluruhnya sampai ke bulan. Hal ini terjadi ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus dan terjadi saat bulan purnama.
Gerhana bulan parsial terjadi dan dapat diamati mulai pukul 03.04 WIB yang ditandai dengan munculnya bayangan gelap di bagian permukaan atas bulan. Secara perlahan bayangan hitam itu makin membesar. Hal itu dapat diamati karena pada mulanya cuaca cerah dan bulan purnama tampak sempurna.

Namun puncak gerhana bulan sebagian itu tidak dapat disaksikan karena awan dan kabut tebal tiba-tiba menutupi angkasa.

Harus bangun lebih awal

Meskipun sudah diketahui terjadi dini hari sekitar pukul 03.04 WIB, admin sudah bangun dan menunggu terjadinya gerhana bulan parsial ini sejak pukul 01.30 WIB. Mengapa ngotot untuk menyaksian gerhana bulan parsial ini?

Menurut informasi BMKG dan ulasan beberapa portal berita nasional diketahui bahwa gerhana bulan parsial yang disaksikan Rabu dini hari tadi adalah gerhana bulan terakhir yang terjadi pada tahun 2019 ini dan dapat disaksikan kembali pada tahun 2021 mendatang.

Prosesi gerhana bulan sebagian ini dapat disaksikan dalam 4 tahap, dimana tahap awal ditandai dengan gerhana bulan penumbra (bayangan kabur), bukan karena terhalang awan tipis. Ini terjadi mulai sekitar pukul 01.50 WIB.
Gerhana bulan sebagian mulai terjadi pukul 03.04 WIB. Selanjutnya gerhana puncak mulai terjadi pukul 04.40 WIB dan gerhana berakhir pukul 06.10 WIB. Sayang sekali dua proses gerhana bulan sebagian, yaitu puncak dan akhir gerhana tidak dapat disaksikan di tempat admin matrapendidikan.com.

0 Response to "Menyaksikan Fenomena Alam Gerhana Bulan Sebagian"

Posting Komentar