Belajar Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis

Belajar pembelahan sel secara mitosis dan meiosis – Pembelahan sel merupakan bagian awal dari materi pelajaran IPA di kelas IX SMP/MTs pada konsep Sistem Reproduksi pada Manusia. Materi awal ini harus dipahami dengan baik karena dipelajari pada awal pembelajaran IPA di kelas IX.

sel,pembelahan sel,mitosis
Pembelahan sel mitosis (pixabay.com)

Seluk beluk reproduksi akan dikuasai dengan baik oleh peserta didik bila dapat memahami landasan materi ini. Selain itu, peserta didik juga perlu mengingat kembali pelajaran IPA di kelas VII, antara lain Ciri-ciri makhluk hidup dan Sistem organisasi kehidupan.

Untuk membantu peserta didik yang belum memperoleh materi pembelahan mitosis dan meiosis dan mempermudah untuk memahaminya berikut akan disajikan ringkasannya.

Tentang sel

Pada awalnya manusia berasal dari satu sel namun setelah dewasa manusia memiliki sekitar 200 triliun sel. Kita jadi kaget dengan hal ini, dari satu sel menjadi triliunan sel. Ada apa gerangan dengan sel? Kenapa secara kuantitas bertambah jumlahnya?

Sel adalah bagian terkecil dari struktur makhluk hidup (organisme). Ternyata sel mengalami proses pembelahan yang berlangsung terus menerus disertai dengan perubahan bentuk dan fungsinya.

Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk suatu jaringan. Jaringan akan membentuk organ dan sistem organ. Sistim organ yang kompleks akan membentuk suatu individu. Di kelas VII, hal tersebut dikenal dengan hierarhi sistem organisasi kehidupan.

Mengapa sel mengalami pembelahan?
Jawaban pertanyaan ini berkaitan dengan alasan mengapa sel membelah. Ada 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan dan penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk hidup.

1.Pembelahan sel untuk pertumbuhan
Sel membelah untuk pertumbuhan. Ini sesuai ciri makhluk hidup dimana salah satunya adalah mengalami pertumbuhan. Makhluk hidup dapat tumbuh karena sel-selnya bertambah. Semakin banyak sel dalam tubuh makhluk hidup semakin besar ukuran makhluk hidup tersebut.

2.Pembelahan sel untuk perbaikan sel itu sendiri
Kerusakan pada jaringan tubuh tertentu akan dapat diperbaiki kembali pada dengan pembelahan sel. Contoh, saat terjadi luka maka luka akan menutup dan sembuh kembali setelah beberapa waktu karena pada jaringan kulit terjadi pembelahan sel.

3.Pembelahan sel untuk reproduksi
Ciri lain makhluk hidup adalah berkembangbiak atau mengalami proses reproduksi. Dalam reproduksi seara seksual diperlukan sel kelamin untuk membentuk individu baru. Pembentukan sel kelamin berlangsung melalui proses pembelahan sel.

Pembelahan sel terjadi pada sel tubuh dan sel kelamin oleh sebab itu pembelahan sel terbagi 2, yaitu pembelahan mitosis dan meiosis.

1.Pembelahan mitosis

Pembelahan sel mitosis terjadi pada sel-sel tubuh makhluk hidup. Ciri khas pembelahan sel mitosis adalah sel anak yang dihasilkan mempunyai jumlah kromosom yang sama dengan jumlah kromosom sel induknya. Kemudian menghasilkan 2 sel anak dengan karakter identik dengan sel induk. Jadi, susunan genetik dan jumlah kromosomnya sama dengan induk.

Jumlah kromosom yang dihasilkan/dimiliki anak adalah 2n dan disebut diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n).

Pembelahan mitosis berlangsung secara berkesinambungan yang terdiri dari 4 fase pembelahan yaitu profase, metafase, anafase dan telofase. Keterangannya sebagai berikut:

-profase : membran inti mulai rusak menjadi bagian-bagian kecil, benang-benang kromatin memadat menjadi kromosom.

-metafase : kromosom berjejer pada bidang pembelahan

-anafase : kromatid saudara dari setiap pasangan memisah menuu kutub yang berlawanan, pada akhir anafase kedua kutub sel memiliki kromosom yang jumlahnya sama.

-telofase : membran inti kembali mulai bergabung, kromosom merenggang, selalu diikuti dengan pembelahan sitoplasma yang disebut sitokinesis. 

Pada saat inilah terbentuk cincin pembelahan yang berfungsi membagi sitoplasma dan terbentuk 2 sel anak.


2.Pembelahan meiosis

Pembelahan sel meiosis terjadi pada organ kelamin yang berfungsi untuk menghasilkan sel gamet, yaitu sel telur dan sel sperma. Ciri khas pembelahan sel meiosis adalah sel anak yang dihasilkan mempunyai jumlah kromosom separuh dari jmlah kromosom sel induknya.

Pembelahan sel akan menghasilkan 4 sel anak, dimana masing-masing sel anak memiliki kromosom separuh dari jumlah kromosom sel induk. Artinya, jumlah kromosom sel anak adalah n dan disebut haploid. Sel haploid adalah sel-sel yang kromosomnya tunggal/tidak berpasangan. Pembelahan sel meiosis disebut juga pembelahan reduksi.

Pembelahan meiosis berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Namun fase pembelahan meiosis mirip dengan pembelahan mitosis. 

Umpan balik
1.Mengapa sel perlu membelah?
2.Apa perbedaan pembelahan mitosis dengan meiosis?

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, yaitu struktur organ reproduksi pada manusia.

0 Response to "Belajar Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Meiosis"

Posting Komentar