Penyakit dan Gangguan pada Sistem Reproduksi Manusia (bagian 3)

Penyakit dan gangguan pada sistem reproduksi manusia (bagian 3) - Dalam dunia medis, istilah ‘kelainan’ cenderung disebut sebagai ‘penyakit. Namun dalam disiplin keilmuan pendidikan di sekolah, khususnya ilmu biologi lebih sering disebut sebagai kelainan atau gangguan pada organ reproduksi.

penyakit kelamin,organ reproduksi
Ilustrasi salah satu penyakit pada organ reproduksi manusia (pixabay.com)

Sistem reproduksi sangat rawan mengalami kelainan atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Kelainan atau gangguan pada organ reproduksi manusia pada umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus.
Ada 6 jenis kelainan/gangguan utama pada organ perkembangbiakan manusia:

1.Gonorhoe (Go)
Gangguan Go disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang ditandai dengan gejala rasa sakit dan keluar nanah pada saat buang air seni serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita. Hal ini dapat disebabkan oleh prilaku sek bebas dan menyimpang.


2.Sifilis (Raja singa)
Gangguan organ reproduksi oleh bakteri treponema pallium akan menyebabkan sifilis. Hal ini disebabkan oleh hubungan seksual, luka mikroskopis, tranfusi darah. Tanda-tanda sifilis antara lain; luka pada alat kelamin, rektum, lidah dan bibir. 

Pembengkakan getah bening pada bagian paha , bercak-bercak di seluruh tubuh, tulang dan sendi terasa nyeri, ruam pada tangan dan telapak kaki.
Bakteri penyebab kelainan ini dapat menyebar ke seluruh tubuh.

3.Herpes simpleks genitalis
Kelainan herpes simpleks genitalis disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus dan vagina. Gejala penyakit ini ditandai dengan rasa gatal, pedih dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin.

Kemudian pada daerah tersebut timbul lepuh keci-kecil, lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka.

4.HIV/Aids
Penyakit AIDS (Acquered Immuno Deficiency Virus) disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

5.Keputihan
Keputihan adalah sejenis penyakit kelamin yang terjadi pada wanita dengan ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan pada vagina. Penyakt ini disebabkan oleh jamur Candida albicans, bakteri, virus dan parasit.

6.Epididimitis
Epiddimitis adalah kelainan peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau karena terkena penakit menular seksual. Ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis.
Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang akan dibahas upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia.

0 Response to "Penyakit dan Gangguan pada Sistem Reproduksi Manusia (bagian 3)"

Posting Komentar