Kegiatan PLS Bagi Peserta Didik Baru Hadirkan Personil TNI Koramil 04/LB

Kegiatan pls bagi peserta didik baru hadirkan personil tni koramil 04/lb – Selain guru dan tenaga kependidikan, panitia penyelenggara Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik baru di SMPN 2 Lintau Buo juga menghadirkan personil TNI dari Koramil 04/LB, Selasa (16/7).

materi pls,bela negara,personil tni
Materi bela negara oleh personil TNI dari Koramil 04/LB untuk kegiatan PLS bagi siswa baru (Rahid S/matrapendidikan.com)

Materi pokok yang disampaikan oleh personil dari Kodim 0307/TD ini adalah kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan pembentukan karakter. Seperti disampaikan kontributor matrapendidikan.com Rahid Sikumbang, tujuan menghadirkan personil TNI untuk memantapkan pengenalan disiplin dan wawasan kebangsaan/bela negara serta pembentukan karakter bagi peserta didik baru.

Ada dua bentuk kegiatan yang diadakan personil TNI, yaitu pencerahan klasikal di ruangan dan latihan peraturan baris berbaris (PBB) di lapangan.

Seperti dibahas pada artikel info sebelumnya, materi Pembentukan karakter sejalan dengan upaya pemerintah dalam penguatan pendidikan Karakter (PPK) sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

PPK merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter pesertadidik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).
Sedangkan kegiatan penumbuhan wawasan kebangsaan dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudatyaan RI Nomor 5 Tahun 2019.

Sementara itu Waka Bidang Kesiswaan Arlis Anwar, S.Pd dalam wawancara dengan personil Koramil 04/LB menjelaskan bahwa materi PLS wawasan kebangsaan/bela negara sangat relevan dengan implementasi kurikulum 2013 dalam penumbuhan karakter peserta didik.

“Materi bela negara atau wawasan kebangsaan ini sangat pas dengan pembentukan karakter siswa apalagi dihubungkan dengan Kurikulum 2013,” kata Arlis Anwar, S.Pd ketika menjawab pertanyaan tentang materi bela negara yang diberikan oleh personil Koramil 04/LB.
Sehubungan dengan kelanjutan kegiatan yang dilaksanakan oleh personil Koramil 04/LB ini, Waka Kesiswaan menjelaskan kegiatan seperti ini akan dilanjutkan pada tahun mendatang. Oleh sebab itu ia berharap kesediaan personil Koramil 04/LB untuk bekerja sama dalam kegiatan PLS pada tahun berikutnya.

0 Response to "Kegiatan PLS Bagi Peserta Didik Baru Hadirkan Personil TNI Koramil 04/LB"

Posting Komentar