Asyiknya Memelihara Kelinci Anggora

Asyiknya memelihara kelinci anggora perancis – Akhir-akhir ini makin banyak orang yang gemar memelihara kelinci. Terutama kelinci hias, hewan menggigit dan suka bermain sehingga terlihat lucu dan tingkahnya kadang-kadang menggelikan. Dan, kali ini tabel hobi akan diisi dengan sajian ringan memelihara Kelinci Anggora.

kelinci hias,anggora perancis,kelinci,memelihara
Si 'Tayo' lagi bersembunyi di balik jari-jari sepeda (matrapendidikan.com)

Salah satu jenis kelinci hias yang banyak dipelihara adalah kelinci ras Anggora. Konon kelinci ras Anggora ini berasal dari Ankara, Turki. Di rumah saya dipelihara seekor  kelinci ras Anggora Perancis dan diberi nama 'Tayo' oleh anak saya.

Sebenarnya kelinci Anggora tidak hanya Anggora Perancis. Selain itu  ada pula Anggora Inggris, Anggora Giant dan Anggora Satin.

Kenapa dipilih memelihara kelinci Anggora Perancis? Kelinci Anggora Perancis berbulu panjang dan tebal tetapi tidak menutupi bagian muka sehingga dapat dikenali muka hewan pengerat ini. Begitu pula bagian telinga tidak seluruhnya tertutup oleh bulu.

Semula saya mengira memelihara kelinci hias tidak ada manfaatnya untuk hiburan. Namun setelah mendengar cerita-cerita teman, akhirnya istri saya membeli seekor anak kelinci hias Anggora Perancis. Beratnya kurang dari 2 kilogram dan usianya sekitar 2 bulan.

kelinci anggora,mengasah gigi
Kelinci hias ini lagi ngapain? Rupanya sedang mengasah giginya (matrapendidikan.com)

Tadi dikatakan kelinci hias itu lucu dan gelagatnya menggelikan. Wah, asyik juga memelihara kelinci hias. Kadang-kadang menimbulkan inspirasi dan menghilangkan ketegangan saraf karena melaksanakan tugas rutin sebagai guru dan blogger. 

Kelinci merupakan hewan yang suka menggigit, bermain dan bersembunyi. Hitung-hitung sekalian untuk bahan eksperimen tentang hewan kelinci.

Kabarnya, kelinci anggora butuh perawatan ekstra karena ringkih dan mudah terserang penyakit bahkan cepat mati. Benarkah begitu?

Bisa benar dan bisa tidak. Yang penting hewan mamalia ini dipelihara sesuai karakter dan sifatnya. Kalau kelinci suka bermain, salurkan kesukaannya itu. Misalnya menempatkan benda atau kardus di tempatnya bermain. Atau sekali-sekali bisa juga dengan melepasnya bermain di rumput. 

Hewan menyusui ini akan mengitari dan bersembunyi di tempat terlindung oleh kardus atau benda ringan yang ditempatkan di tempat bermainnya. Karakternya suka menggigit untuk mengasah gigi maka dekat bermain atau kandangnya disediakan kayu yang dapat digigitnya.

Dengan memahami tingkah laku kelinci demikian, bermain, bersembunyi dan menggigit berarti dapat menghindarkan kelinci dari stres dan tidak cepat mati.

Kelinci Anggora dikatakan sehat dengan indikasi aktif bergerak dan lincah bermain. Jika lesu dan pendiam berarti kelinci mungkin saja sakit atau, atau stres dan bisa juga kekurangan gizi.

Simak juga kelucuan dan keunikan kelinci hias Anggora pada layangan berikut ini!


Agar bulu kelinci Anggora Perancis terlihat indah bulunya sebaiknya dimandikan minimal sekali seminggu. Bulunya disir agar rapi dan mengkilap. Mungkin itu sedikit bahasan tentang memelihara kelinci hias jenis Anggora Perancis.

1 Response to "Asyiknya Memelihara Kelinci Anggora"

  1. Kalo semua kebutuhannya terpenuhi, tentu si kelinci akan hidup senang. Kalo dia senang, ya pasti terhindar dari stress. Jadi hewan juga butuh perhatian lebih ya Pak, macam manusia.

    Saya baru tau kalo ada kelinci dari ras anggora, kirain kucing doang. Nice share

    BalasHapus