Belajar Cara Bisa Payout Adsense Tiap Bulan

Belajar cara bisa payout adsense tiap bulan – Bermain adsense itu sungguh mengasyikkan karena di dalam bermain bisnis online ini terdapat nilai-nilai pendidikan dan latihan. Selain itu juga mengandung nilai karakter yang akan menguji kesabaran dan ketekunan serta memacu 'adrenalin' pelaku bisnis adsense dalam menghadapi kesulitan. 

adsense,belajar,cara,payout,tiap bulan
Ilustrasi belajar cara payout adsense tiap bulan (pexels.com)

Sudah menjadi rahasia umum kalau menjadi  publisher adsense itu, tidak semudah membalik telapak tangan. Tidak sedikit halangan maupun rintangan dan kesulitan yang akan dialami. Hal ini juga terbukti dengan banyaknya keluhan yang terungkap di berbagai komunitas tentang kesulitan bergabung maupun mencapai payout adsense.
Keluhan umum yang sering mengemuka adalah sulitnya diterima utau bergabung menjadi publisher adense. Keluhan ini banyak dikemukakan oleh blogger pemula, namun tidak jarang juga dialami oleh blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging.

Keluhan lainnya yang tak kalah krusial adalah sulitnya untuk mencapai ambang batas pembayaran (payout) yang ditetapkan google adsense. Baik kesulitan payout pertama maupun selanjutnya, seperti payout setiap bulan.

Haruskah putus asa dan menyerah?

Seyogyanya seorang publisher, yang notabene mengelola blog pribadi, tak mesti berputus asa, apalagi harus mengangkat ‘bendera putih’ begitu saja dalam menghadapi kesulitan itu. Kenapa?

Sejak semula publisher yang bukan pengelola portal, sudah menyadari betapa mencari uang secara online itu tidak mudah. Cari uang di dunia offline saja susah apalagi secara online. Namun demikian bukanlah hal mustahil untuk meraup sejumlah penghasilan yang memuaskan sebagai pendapatan (income) sampingan.

Berangkat dari kesulitan dan kesadaran itulah, tekad dan semangat untuk mencari uang melalui bisnis online dengan menjadi publisher adsense semakin kuat.

Namun tekad dan semangat semata belumlah cukup tanpa diiringi usaha serta pengetahuan dan keterampilan berbisnis adsense.

Bagi yang ingin menjadi publisher adsense, tentu perlu banyak belajar dari publisher yang sudah dulu diterima lamarannya oleh adsense.
Sedangkan kesulitan untuk payout pertama kali maupun payout sekali sebulan perlu melakukan pengamatan dan eksperimen tentang perkembangan blog maupun penghasilan adsense.

Perkembangan blog dapat dilakukan melalui tool google analytics sedangkan perkembangan penghasilan melalui beranda akun adsense. Jika ingin melakukan eksperimen, adsense juga menyediakan fitur eksperimen.

Blog tema pendidikan

Meskipun sudah lama menjadi publisher adsense, kami juga belajar dan terus berusaha. Belajar secara otodidak maupun belajar dengan pengalaman publisher lain.

Sampai saat ini masih mengalami kesulitan dalam mencapai payout setiap bulannya. Berdasarkan pengamatan dan eksperimen sementara, penyebab kesulitan ini adalah niche blog.

trafik blog,google analytics,tool pemantau
Ilustrasi penurunan trafik pengunjung pada hari libur (doc.matrapendidian.com)

Trafik pengunjung blog tema pendidikan tergantung pada aktivitas pendidikan. Hal ini dapat diamati melalui fitur google analytics dimana pada hari libur pendek seperti Sabtu dan Minggu, Hari Libur Nasional serta libur panjang. Trafik pengunjung juga menurun dan berdampak berkurangnya pendapatan harian.

Kondisi ini rupanya sulit dielakkan. Meskipun dengan berbagai cara untuk mengatasinya, ternyata tidak lagi mempan diterapkan pada waktu-waktu yang disebutkan di atas. Misalnya memperbanyak artikel update di saat libur, share artikel ke media sosial, dan lain sebagainya.

Lihat juga : Mengantisipasi Penurunan Trafik Blog di Hari Libur
Meskipun demikian, agar bisa payout tiap bulan atau dapat gaji minimal 100 USD per bulan dari google adsense, perlu untuk menaikkan 'adrenalin' untuk belajar dan latihan serta kerja lebih keras lagi. Siapa takut...?

5 Responses to "Belajar Cara Bisa Payout Adsense Tiap Bulan"

  1. Blog saya gado-gado, pastinya sangat berat ya untuk payout tiap bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pada trafik pengunjungnya, mas...

      Hapus
    2. Trafik pengunjung saya rata2 per harinya cm 300an. syedihnya blog gado2

      Hapus
  2. Saya pikir memberikan tips agar bisa payout adsense setiap bulan 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Judulnya kan belajar cara payout, mbak...

      Hapus