Kebiasaan Berjabat dan Mencium Tangan Orang yang Dihormati

Kebiasaan berjabat dan mencium tangan orang yang dihormati – Budaya berjabat tangan dengan orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. Kemudian mencium tangannya merupakan salah karakter baik yang dikembangkan di lingkungan keluarga dan lembaga sekolah.


budaya,mencium tangan,berjabat tangan,orangtua
Atuk muda Edy Samsul 'terpaksa' membungkukkan tubuh menerima jabat salam dan cium tangan si bocah cantik, Adibah Farzana (Rifka H/matrapendidikan.com)

Seorang anak berangkat sekolah segera pamit dan bersalaman kemudian mencium tangan orangtuanya. Sampai di sekolah bertemu dengan guru dan melakukan hal sama seperti dilakukan di rumah terhadap orangtua.

Orangtua dan guru adalah dua contoh orang yang dihormati oleh seorang anak. Tentu saja juga berlaku untuk orang yang lebih tua lainnya seperti teman atau kerabat dari orang tua si anak.

Menjabat tangan dan menciumnya termasuk salah satu bahasa verbal dalam mengormati orangtua, guru dan orang yang lebih tua. Diketahui bahwa orangtua adalah orang yang harus dihormati karena sudah melahirkan, merawat, mendidik dan membesarkan anak.

Guru adalah orangtua kedua setelah orangtua sendiri di rumah. Guru memang tidak merawat dan membesarkan anak sebagaimana orangtua di rumah. Akan tetapi anak telah bergaul dengan guru dalam proses pendidikan. Apalagi waktu anak terbanyak kedua setelah di rumah adalah bersama guru di sekolah.

Anak yang dekat dengan orangtua di rumah dan guru di sekolah akan selalu menjalin silaturrahmi. Anak tidak akan menjauhi orangtuanya sendiri apalagi gurunya di sekolah.

Kedekatan antara anak dengan orangtua maupun dengan guru akan membuat komunikasi menjadi lancar dan harmonis sehingga sangat mudah untuk memberikan unsur-unsur pendidikan kepada anak, di rumah maupun di sekolah.

Budaya bersalaman dan mencium tangan orangtua dan guru perlu ditanamkan sejak dini kepada anak sehingga menjadi kebiasaan bagi anak sampai mereka dewasa. 

Jika ditemukan ada anak yang enggan bersalaman, apalagi mencium tangan orangtua dan gurunya. Ini adalah salah satu indikasi belum dibudayakannya sejak dini berjabat dan mencium tangan di lingkungan keluarga.

0 Response to "Kebiasaan Berjabat dan Mencium Tangan Orang yang Dihormati"

Posting Komentar