Kebutuhan Guru untuk Mengkses Data dan Informas, Juga Bersosial Media

Kebutuhan guru untuk mengakses data dan informasi, juga bersosial media  – Tak dapat dielakkan lagi. Masyarakat Indonesia harus melek teknologi informasi dan komputer (TIK). Perkembangan dan kemajuan teknologi harus diiringi dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) pengguna produk teknologi tersebut.

perangkat dekstop,kompi,guru profesional
Komputer pribadi (Kompi) salah satu perangkat dekstop untuk mengakses data dan informasi dari luar (matrapendidikan.com)

Komunitas guru merupakan salah satu pengguna produk teknologi. Bagi guru, kehadiran aneka produk teknologi, khususnya di bidang komputer dan jaringan untuk mengakses data dan informasi, berperan penting dalam kelancaran menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). 

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas, para guru harus mampu beradaptasi dan akrab dengan segala perangkat dan fasilitas produk kemajuan teknologi informasi. Apalagi saat ini sistem informasi sudah dilakukan secara online.

Sistem pendataan kepegawaian, informasi bahan dan sumber pembelajaran diakses secara online. Artinya, untuk mengakses informasi dari luar sana, seorang guru harus memiliki perangkat dan fasilitas yang berhubungan dengan teknologi dan informasi.

Apa saja perangkat dan fasilitas yang dibutuhkan guru dalam mengakses data dan informasi di luar sana?

1.Perangkat desktop dan mobile


gadget,android,mobile,smartphone
Gadget smartphone (matrapendidikan.com)

Perangkat desktop merupakan perangkat elektronik dengan layar lebih lebar dan resolusi lebih tinggi. Yang termasuk dalam perangkat dekstop adalah komputer, laptop dan notebook..Sedangkan perangkat mobile adalah perangkat yang lebih portable seperti smartphone dan tablet berbasis android.

 2.Jaringan internet

Kebutuhan kedua yang harus dipenuhi oleh guru (profesional) adalah jaringan internet. Dengan jaringan internet yang terpasang pada perangkat dekstop dan mobile, guru dapat mengakses data dan informasi serta menggunakan media sosial.

aplikasi,sosial media,jaringan internet,android,komputer
Berbagai aplikasi sosial media yang dapat diakses melalui jaringan nternet (pexels.com)

Jika seseorang hanya memiliki perangkat perangkat dekstop dan atau mobile, tanpa dilengkapi dengan jaringan internet, maka orang tersebut hanya dapat menginput data dalam kegunaan terbatas. Misalnya menginput data teks dan gambar kemudian mencetak dokumen tersebut dalam bentuk print-out.

Jaringan internet merupakan fasilitas untuk mengakses data, informasi dan media sosial secara online. Jaringan internet diperoleh melalui Wifi, paket data, dan pulsa reguler.

3.Aplikasi

Berkaitan dengan akses data personal, guru perlu menginstal aplikasi yang dibutuhkan dalam perangkat dekstop maupun mobile. Aplikasi yang dibutukan dan diinstal antara lain peramban internet, seperti mozilla firefox, google chrome, opera dan lain sebagainya.

Sedangka aplikasi yang berhubungan langsung dan spesifik dengan kepentingan guru antara lain SIM-PKB, e-filling, Si Tampan dan lain-lainnya.

aplikasi pegawai,si tampan,kebutuhan guru
Salah satu aplikasi yang perlu di instal oleh pguru dan pegawai (matrapendidikan.com)


Penggunaan perangkat dan jaringan internet

Perangkat komputer pribadi (Kompi) tidak dimungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Penggunaan komputer bagi guru hanya untuk di rumah. Agar terhubung dengan jaringan internet, guru perlu memasang jaringan wifi di rumah.

Bagaimana jika memiliki perangkat komputer namun belum memasang jaringan wifi? Guru dapat menggunakan fasilitas lain, seperti: modem USB dan paket data serta USB adapter. USB Adapter digunakan bila guru tidak menginstall aplikasi konektor internet

akses internet,modem usb,komputer,laptop
Modem USB sebagai fasilitas koneksi jaringan internet untuk modem dan laptop (matrapendidikan.com)

Jika guru juga punya android, maka gadget ini juga dapat difungsikan sebagai modem untuk memperoleh jaringan internet menggunakan komputer maupun laptop di rumah.

Berbeda halnya jika guru hanya memiliki perangkat laptop. Perangkat ini bersifat portabel, sehingga dapat dibawa kemana-mana. Jika tidak memiliki jaringan wifi maupun modem USB dan paket data serta android, guru dapat membawanya ke tempat yang memiliki jaringan internet, seperti di sekolah. Umumnya sekolah sudah memiliki jaringan internet.

Perangkat yang paling praktis dan portabel yang dibutuhkan guru adalah smartphone android. Dapat dibawa-bawa kemana, disimpan dalam kantong baju dan celana. Dan, lebih mudah terkoneksi dengan jaringan internet sehingga pengguna tinggal membuka gadget smartphone, kapan dan dimana saja dengan menggunakan tangan dan jari tangan untuk mengakses data, informasi bahkan bermedia sosial sekali pun.

0 Response to "Kebutuhan Guru untuk Mengkses Data dan Informas, Juga Bersosial Media"

Posting Komentar