Menyigi Kemeriahan Permainan Kim dalam Memeriahkan HUT RI

Menyigi kemeriahan permainan kim dalam memeriahkan hut ri – Sejak beberapa tahun belakangan ini, panitia Peringatan HUT RI di Kecamatan Lintau Buo selalu mengadakan kegiatan Gerak Jalan Jantung Sehat atau Gerak Jalan Santai.  Kemudian setelah finish selalu dilajutkan dengan  hiburan berupa permainan Kim. Dan, kesempatan ini akan disigi sekilas tentang apa dan bagaimana keunikan permainan khas Minangkabau tersebut.

Setelah Camat Lintau Buo, Zulkifli Idris SSos membuka permainan secara resmi, personil permainan Kim dari Organ Tunggal Molensky Music siap menjalankan tugasnya masing-masing.

Andre Molensky, sang pedendang sudah siap dengan tabung berisi koin bertulis angka sambil diguncang-guncang.

Sedangkan Budi Molensky pemegang keyboard dan petugas lainnya dari Orgen tunggal Molensky tersebut sudah stand by untuk menjalankan permainan kim.

Sementara itu, ratusan peserta permainan kim di lapangan olahraga Kantor Camat Lintau Buo sudah siap dengan pena dan kupon permainan.

Setiap peserta mendapat kupon permainan kertas empat warna yaitu; putih, merah muda, kuning dan hijau muda.

Masing-masing kertas berisi angka yang diacak, antara angka 1 sampai dengan 90. Dan masing-masing peserta akan mendapat kupon kertas dengan angka yang berbeda satu sama lainnya.

Saat permainan berlangsung, pedendang membawakan lagu-lagu kocak. Ada lirik lagu yang sudah ada dari berbagai genre musik namun sering juga dikarang-karang sendiri oleh pedendang. 

Dalam lirik dendang tersebut, pedendang menyebutkan angka yang sudah dicabut dari dalam tabung koin yang diguncang-guncang.

Peserta harus menyimak lagu dan angka yang disebutkan pedendang dan mencocokkan dengan nomor yang ada pada kertas kupon.

Jika kebetulan sesuai dengan angka yang didendangkan maka pemilik kupon melingkari atau menyilang angka tersebut.

Satu baris masing-masing kupon hanya terdapat 5 nomor. Jika kelima nomor tersebut sudah penuh disilangi atau dilingkari berarti pemilik kupon menang dan bersorak sambil mengacungkan kupon, pertanda cekinya sudah sampai dan pedendang berhenti berdendang. Jika memang sesuai dengan angka yang telah dinyanyikan maka pemilik kupon mendapatkan hadiah berupa bingkisan dari panitia penyelenggara.
Demikianlah sekilas tentang apa dan bagaimana permainan kim yang juga diadakan pada saat menutup gerak jalan jantung sehat dalam rangka memeriahkan HUT ke- 74 Proklamasi kemerdekaan RI di Lapangan Olahraga Kantor Camat Lintau Buo.***