Motif Utama Menjadi Seorang Blogger

Motif utama menjadi seorang blogger – Menjadi blogger itu memang sebuah pekerjaan mengasyikkan. Kenapa tidak? Membuat blog, membagikan tulisan di media blog tersebut. Bahkan ujung-ujung pekerjaan itu, meskipun tidak selalu, memungkinkan blogger untuk menghasilkan uang. Mengasyikkan bukan?

motif,menjadi blogger,earnings
Kegiatan blogging membutuhkan sarana dan prasarana. (pexels.com)

Blogger merupakan sebutan umum untuk orang yang memiliki blog dan suka membagikan tulisan melalui media blog tersebut. Membagikan tulisan bermanfaat sehingga dikunjungi dan dibaca oleh orang lain.

Menjadi seorang blogger, tentu saja tidak hanya sekadar membuat blog dan mengisinya dengan tulisan yang sesuai dengan minat dan penguasaannya. Pada hakikatnya jika seseorang telah memutuskan untuk menjadi blogger, ia harus mencimpungi dunia blogging.
Aktivitas blogging ditandai dengan mencari ide/gagasan untuk menulis konten untuk dipublish di blog. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan ide menghasilkan tulisan untuk diposting. Salah satunya dengan cara blogwalking.

 Agar blog beserta kontennya menjadi lebih bermakna dan bermanfaat bagi orang lain maka aktivitas seorang blogger selanjutnya adalah mencari visitor (pengunjung). Tidak banyak maknanya jika blog yang dibuat dengan susah payah tanpa ada pengunjung.

Mendatangkan pengunjung tidak semudah dibayangkan. Perlu kerja keras seorang blgger untuk menata dan mengelola blog dengan baik. Kerja keras disertai pengetahuan dan keterampilan tentang optimasi blog. Minimal menguasai dasar-dasar Search Engine Optimization (SEO).

Lalu, apa motif menjadi seorang blogger?
Motif adalah dorongan seseorang untuk melakukan sesuatu atau driving force. Dalam hal ini adalah dorongan untuk menjadi seorang blogger. Dan motif menjadi seorang bloger itu bersifat relatif dan tergantung nawaitu blogger tersebut.

1.Menyalurkan hobi menulis

Ini mungkin yang utama. Seseorang menulis tidak hanya sekadar hobi semata. Hobi menulis pastilah memerlukan penyaluran media. Salah satu medianya adalah blog. Diketahui bahwa blog adalah media online untuk menyalurkan hobi menulis paling praktis. Kenapa praktis? Seorang blogger memiliki fungsinya rangkap, sebagai penulis, editor dan penerbit.

2.Mengisi waktu luang

Mengisi waktu luang dengan menjadi blogger boleh-boleh saja. Menulis di blog hanya sekadar mengisi waktu luang. Namun demikian aktivitas blogging seorang blogger juga memerlukan pengetahuan dan keterampilan

3.Aktualisasi diri

Menulis di blog berarti membagikan kisah, cerita dan peristiwa penting serta ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengunjung. Dengan begitu pengunjung akan mengenal seperti apa dan siapa bloggernya. Apalagi blog yang memiliki trafik pengunjung yang tinggi.

Hal itu akan mendatangkan rasa puas dan bangga bagi seorang blogger. Blog yang terkenal tentu saja berdampak pada terkenalnya blogger pemiliknya.

4.Mendapatkan penghasilan

Ini adalah motif ril dan tidak dapat dipungkiri. Sulit rasanya seseorang menghabiskan waktunya di depan komputer setiap hari tanpa memiliki motif mendapat penghasilan. 

Bukankah kegiatan blogging itu memerlukan sarana dan prasarana, seperti perangkat PC/Laptop, android, paket data atau jaringan wifi.  Dan, semua itu sudah pasti mengeluarkan biaya.
Motif untuk mendapatkan penghasilan dalam aktivitas blogging telah mendorong para blogger untuk bekerja keras. Membuat tulisan, menata dan mengelola blog agar mudah ditemukan di mesin pencarian untuk mendatangkan pengunjung yang banyak.

Trafik pengunjung yang tinggi memungkinkan semakin besarnya peluang untuk mendapatkan penghasilan yang memuaskan.
Namun di sisi lain, pengamatan emperis membuktikan betapa banyak blogger yang hanya sekadar hobi menulis dan membagikannya di blog. Ujung-ujungnya kebanyakan blog jadi terlantar. Boleh jadi blogger telah merasa bosan atau merasa tidak mendapatkan hasil-hasil apa dari blog. Dan masih banyak alasan lainnya yang masuk akal.

2 Responses to "Motif Utama Menjadi Seorang Blogger"

  1. Untuk saat ini saya ngeblog hanya untuk menyalurkan hoby dan mengisi waktu luang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akhirnya bukan mustahil berujung pada pendapatan sampingan, mas...

      Hapus