4 Tips Agar Siswa Tetap Prima Pasca Kegiatan HUT RI

4 Tips agar siswa tetap prima pasca kegiatan hut ri – Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke- 74 Kemerdekaan RI, minggu ini boleh jadi telah berakhir. Kegiatan yang telah dimulai sejak awal bulan Agustus itu juga melibatkan siswa di suatu sekolah. Kebanyakan siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut baik di tingkat sekolah maupun tingkat kecamatan.

pawai alegoris,menguras tenaga,stamina menurun
Pawai alegoris akan menguras stamina sehingga perlu pemulihan dengan tips tertentu (matrapendidikan.com)

Di tingkat kecamatan ada kegiatan-kegiatan yang melibatkan siswa, seperti pengibaran bendera, perlombaan dan pertandingan seperti lari marathon, panjat pinang, pawai alegoris dan lain sebagainya. Hal serupa mungkin juga didakan di tingkat sekolah.  

Semua kegiatan itu pastilah menguras energi dan stamina siswa, bahkan membuat siswa sejenak, mungkin saja melupakan pelajarannya di sekolah. 
Ketika hiruk pikuk kegiatan memeriahkan HUT RI berakhir, pastilah menyisakan rasa capek dan letih di kalangan siswa. Dan ketika memulai belajar kembali seperti biasa di sekolah, siswa banyak yang terlihat lesu dan kurang semangat belajar.

Hal itu tidak diinginkan sama sekali. Untuk mencegah terjadinya suasana demikian dan mengembalikan stamina agar tubuh prima kembali, coba ikuti 4 tips agar siswa tetap prima pasca HUT RI berikut ini!

1.Minum air putih

Minum air putih yang cukup, sesuai kebutuhan, bertujuan untuk mencegah agar siswa tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dalam berkegiatan memeriahkan HUT RI siswa sering banyak gerak, bahkan banyak ditimpa cahaya matahari sehingga banyak mengeluarkan keringat. Nah, disinilah pentingnya meminum air putih yang cukup.

2.Istirahat yang cukup

Istirahat disini bukan berarti menghentikan semua pekerjaan sebagai seorang siswa. Akan tetapi maksudnya adalah agar siswa mengurangi aktivitas yang cukup berat atau kegiatan yang dirasa kurang perlu. 

Jika tidak ada kegiatan yang diperlukan lebih baik tidak beraktivitas di luar rumah ketika pulang sekolah.

Di rumah, meningkatkan kualitas tidur adalah cara yang terbaik untuk memulihkan stamina siswa. Kalau sebelumnya siswa sering terlambat tidur malam, sebaiknya kebiasaan itu dipercepat sehinga tubuh terasa segar ketika bangun pagi keesokan harinya.

3.Banyak mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur bertujuan untuk mempercepat pemulihan stamina dan kebugaran tubuh setelah menurun saat mengikuti kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI. Pastikan untuk memilih buah yang banyak mengandung air serta sayuran hijau yang mengandung vitamin A.

4.Tetap menyediakan waktu untuk belajar.

Apa pun yang dijalani oleh siswa, di rumah haruslah menyediakan waktu untuk membaca buku pelajaran. Mungkin guru di sekolah telah mengurangi tugas atau pekerjaan rumah (PR). Namun melihat dan membaca catatan pelajaran sangatlah penting. 

Tujuannya adalah ketika memulai pembelajaran efektif kembali siswa tidak lupa akan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya..
Lihat juga : Siswa Perlu Menjaga Kesehatan dan Pandai Membagi Waktu
Demikian 4 tips ringan untuk siswa agar tetap prima usai mengikuti kegiatan-kegiatan dalam memeriahkan HUT RI. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Tips Agar Siswa Tetap Prima Pasca Kegiatan HUT RI"

Posting Komentar