5 Tips Menjadi Dosen Favorit

5 Tips menjadi dosen favorit - Menjadi dosen bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebagai pengajar para mahasiswa, tentunya memiliki tantangan dan hambatan yang berbeda dari tipe pengajar lainnya. Melihat perkembangan zaman dan dinamika anak muda saat ini, menjadi dosen yang disukai atau difavoritkan mungkin akan terkesan susah diwujudkan. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil, kan? Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan agar menjadi dosen favorit para mahasiswa.

1.Peduli dan Menghargai

peduli,menghargai,dosen,mahasiswa
Sumber:pexels.com

Kebanyakan dosen memiliki kesan yang cuek dan kurang memperhatikan mahasiswanya. Jika dosen bersifat seperti itu, tak heran jika banyak mahasiswa yang tidak menyukai dosen tersebut dan bahkan dihindari oleh mereka. Menunjukkan kepedulian pada mahasiswa akan membuat mereka merasa dihargai. Kepedulian yang ditunjukan juga bisa berupa apresiasi atas apa yang sudah mereka lakukan dan telah mereka capai selama berkuliah.

Hal ini tentunya akan membuat mahasiswa semakin semangat dalam menyelesaikan kuliahnya. Selain itu, mereka juga akan menghormati dosen yang bisa menghormati mereka.

Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk  para mahasiswa berkonsultasi mengenai proses pembelajaran mereka. Dengan adanya diskusi antara dosen dengan mahasiswanya, hal ini akan membantu kedua belah pihak untuk saling mengenal dan memahami satu sama lainnya.Selain itu berikan juga info profesi yang bisa dijalani di kemudian hari.

2.Komunikasi yang baik

komuni baik,mahasiswa,dosen
Sumber : Pexels.com

Komunikasi yang terbangun dengan baik adalah salah satu kunci utama untuk menjadi dosen favorit. Dalam konteks perkuliahan, dosen harus bisa menyampaikan materi kuliah dengan praktis dan jelas tanpa membuat mahasiswanya bingung, apalagi tidak mengerti karena caranya yang tidak pas atau bertele-tele.

Seorang dosen juga diharapkan dapat membangun diskusi antara dia dengan mahasiswanya agar membantu mahasiswa tersebut dalam memahami suatu materi dengan kemampuan yang dimiliki. Selain dalam kelas, ada baiknya jika dosen juga bisa berkomunikasi dengan baik dengan mahasiswanya di luar jam kuliah.

Hal ini bisa membantu dosen dalam menjalin hubungan yang baik, bahkan akrab, dengan mahasiswanya. Dengan begitu, para mahasiswa nantinya akan merasa lebih cocok dan nyambung dengan kamu sebagai dosen mereka. Selain itu, kamu juga bisa bertukar pikiran guna mengetahui apa saja kekuranganmu sebagai dosen dari sudut pandang mereka sebagai mahasiswa.

3.Tegas namun Humoris

tegas,humoris,keakraban
Sumber: Pexels.com

Membangun keakraban dan hubungan  yang dekat antara dosen dengan mahasiswa memang penting. Namun, dosen juga harus bisa bersikap tegas disaat yang diperlukan.

Sifat tegas ini akan membantumu dekat dengan mereka tanpa menghilangkan rasa hormat mereka pada dosennya. Sikap tegas yang ditunjukkan di saat tertentu akan membuat mahasiswa mengerti kapan saat mereka bisa bercanda dan kapan mereka harus bersikap serius. Tapi jangan lupa, kalau terlalu serius juga bisa merenggangkan hubungan dosen dengan mahasiswanya.

Jadi, ada baiknya jika kamu memiliki sifat humoris yang bisa kamu gunakan untuk mencairkan suasana dan membuatmu tidak terlihat terlalu kaku.

4.Tidak Pelit Ilmu

jangan pelit,pelit ilmu
Sumber :Pexels.com

Berbagi ilmu tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Justru dengan berbagi, ilmu akan semakin bertambah dan kamu bisa belajar hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kamu temui sebelumnya.

Mahasiswa akan menyukai dosen yang mau membagikan ilmu yang dimilikinya pada mereka. Apalagi jika dosen tersebut memiliki jam terbang yang banyak dengan segudang pengalaman, proses berbagi ilmu dengan mahasiswa nantinya akan menjadi sebuah aktivitas yang menghasilkan pahala karena membantu mereka menjadi lebih baik kedepannya. Jika mahasiswa kamu sukses karena ilmu yang kamu berikan, sebagai dosen pastinya akan bangga juga bukan?

5.Penuh Motivasi

penuh motivasi,perkuliahan,mahasiswa
Sumber:Pexels.com

Memotivasi mahasiswa adalah hal yang baik. Proses perkuliahan yang panjang dan menguras tenaga serta mental tentu akan membuat para mahasiswa menjadi tidak semangat dan ada pula yang putus asa dengan masa depan kuliahnya.

Sebagai dosen yang pernah mengalami pengalaman serupa, ada baiknya jika kamu menyemangati mereka dengan memberikan motivasi pembangun semangat. Ceritakanlah pengalamanmu selama kuliah dulu, mulai dari perjuanganmu hingga lulus hingga tips-tips apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa sampai di titik sekarang ini, tanpa terkesan seperti menggurui.

Pengalaman tersebut akan mahasiswa kembali bangkit dengan salah satu caranya yaitu belajar dari pengalaman dosennya. Hal ini juga menjadi bisa menjadi pelajaran hidup yang berharga untuk mereka kelak.

Kamu juga bisa memotivasi mereka dengan mendorong mereka untuk mengeluarkan potensi terbaiknya agar bisa sukses di kemudian hari. Kalau sudah seperti ini, kamu akan menjadi dosen yang menyenangkan di mata mereka.

Tips-tips di  atas bisa membantumu menjadi dosen favorit para mahasiswa. Dengan membangun hubungan yang baik dengan mahasiswa, tentu akan membawa keuntungan dan manfaat  yang beragam, baik untuk mahasiswanya maupun dosen itu sendiri.

Jangan menjadi dosen yang tidak peduli akan mahasiswanya. Jadilah dosen yang baik dengan mengikuti tips-tips tersebut agar disukai oleh mereka. Dengan begitu, kamu tak hanya sukses menjadi dosen favorit, namun mahasiswamu nantinya juga akan sukses dengan bantuanmu tersebut. Selain itu dosen juga bisa merekomendasikan website belajar untuk mahasiswanya seperti kinibisa .com

0 Response to "5 Tips Menjadi Dosen Favorit"

Posting Komentar