Catatan Kecil Dari Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs dan SD Tahun 2019

Catatan kecil dari jambore ranting penggalang smp/mts dan sd tahun 2019  – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting 04.10 Lintau Buo telah melaksanakan Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs dan SD Tahun 2019, Jumat sd Sabtu (6 sd 8 September 2019) di Bumi Perkemahan Kwaran 04.10 Lintau Buo.

pentas seni,jambore ranting,penggalang
Salah satu penampilan anggota pramuka penggalang dalam Jambore Ranting Penggalang di Buper Kwaran 04.10 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Jambore dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke- 54 Tahun 2019 ini mengusung tema, Wujudkan Bangsa yang Cinta Seni, Budaya dan Agama Melalui Gerakan Pramuka.

Seluruh Penggalang dari Pangkalan SMP/MTs dan SD se-Kwaran 04.10 Lintau Buo berkumpul dan mengadakan kegiatan bersama dalam ajang Jambore Ranting Penggalang.

Jambore Ranting Penggalang ini telah dibuka oleh Kamabiran Drs.Agusril, Jumat Sore (6/9). Sebelumnya di Aula Kantor Camat Lintau Buo telah dilangsungkan Pelantikan Pengurus Kwartir Ranting 04.10 Lintau Buo masa bhakti 2019 – 2022.

Pelantikan pengurus Kwaran dilakukan oleh andalan Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Kwarcab 0304  Tanah Datar oleh Drs. Revol Desman.

Tugas dan fungsi gerakan pramuka

Salah satu tugas pokok gerakan pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda. Tujuannya adalah menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi muda yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu mengisi kemerdekaan serta membangun masyarakat.

Berdasarkan tugas pokok tersebut maka fungsi gerakan pramuka adalah sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan sistem among dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan peserta didik.

Pada hakikatnya, jambore penggalang adalah kegiatan bersama yang bersifat kreatif dan edukatif, yang dilaksanakan di alam terbuka. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalamsuasana menarik dan menyenangkan sertamengandung unsur pendidikan.

Maksud dan tujuan Jambore

Jambore Ranting Penggalang ini diselenggarakan dengan maksud melatih dan mengembangkan kepemimpinan, membina persaudaraan, persahabatan antar peserta. Sekaligus menjadi wahana evaluasi di tingkat Gugus Depan (Gudep).

Sedangkan Jambore Ranting Penggalang bertujuan untuk menciptakan disiplin pribadi yang tangguh, mandiri dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan dari generasi sebelumnya serta bertukar pengalaman dan menambah sahabat.

Sasaran yang hendak dicapai

Ada pun sasaran yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan Jambore Ranting Penggalang ini adalah:

1.Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

2.Mempererat tali persaudaraan dan persatuan antar anggota Penggalang dan Siaga.

3.Meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, bangsa dan negara.

4.Meningkatnya jiwa kepemimpinan dan percaya diri.

5.Meningkatnya kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan.

Kegiatan bersama untuk mewujudkan sasaran yang hendak dicapai antara lain Pionering, keterampilan pendirian tenda, pertendaan/K3, kesenian (vokal grup, pentas seni), Hiking dan outbond.
Tentu saja juga diharapkan penyelenggaraan Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs dan SD se-Kwaran 04.10 Lintau Buo menjadi motivasi bagi siswa lain dan orangtuanya untuk mendorong putra-putrinya dalam berkegiatan ekstrakurikuler keparamukaan. Semoga!

0 Response to "Catatan Kecil Dari Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs dan SD Tahun 2019"

Posting Komentar