Disiplin Sekolah Ditegakkan untuk Kepentingan Siswa Juga

Disiplin sekolah ditegakkan untuk kepentingan siswa juga – Setiap sekolah akan memiliki strategi dan metode dalam menegakkan disiplin terhadap siswanya. Hal ini karena tidak mudah dalam menerapkan disiplin sekolah, terutama sanksi yang diberikan pada siswa yang melanggar disiplin tersebut. 


titin susilawati,kepala sekolah,smpn lb
Penegakan disiplin waktu bagi siswa perlu kerja sama semua personel sekolah. (matrapendidikan.com)

Misalnya dalam penegakan disiplin kehadiran siswa di sekolah. Disiplin kehadiran siswa disertai dengan sanksi bagi siswa yang melanggarnya. Sanksi bagi siswa terlambat antara lain memanggil orangtua siswa, mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, dan lain sebagainya. 

Baca juga : 4 Jenis Disiplin Siswa di Sekolah
Namun sanksi yang diberikan kepada siswa juga dibarengi dengan pembinaan dan pencerahan agar siswa mematuhi disiplin kehadiran di sekolah. Apakah strategi dan metode penegakan disiplin kehadiran ini jitu? Dengan kata lain, mampu membuat siswa untuk tidak datang terlambat ke sekolah?

Mari kita lihat sekilas penegakan disiplin kehadiran siswa di SMPN 2 Lintau Buo. Sejak awal mempimpin sekolah ini, Titin Susilawati, S.Pd. lebih memusatkan perhatian pada penegakan disiplin waktu, berpakaian dan berpenampilan bagi siswa. Hal ini selaras dengan Visi sekolah, Berbudaya, Bernuansa Islami dan Berprestasi.

Perihal penegakan disiplin waktu, terutama kehadiran siswa di sekolah, pintu gerbang akan 'menyuruh' siswa yang terlambat kembali pulang ke rumahnya.

“Bel pertama dibunyikan pukul 07.25 WIB. Pertanda siswa mulai melaksanakan K-3 dan bel kedua dibunyikan pukul 7.30 WIB. Nah, saat ini pintu gerbang sudah dikunci oleh guru piket,”  ungkap Kepsek Titin Susilawati, S.Pd. di hadapan siswa peserta Muhadharah beberapa waktu lalu.

Selanjutnya kepala sekolah menyebutkan bahwa sanksi siswa yang terlambat adalah membawa satu pot bunga keesokan harinya. Oleh sebab itu Kepsek Titin Susilawati, S.Pd. sangat kepada siswa untuk berangkat dari rumah lebih awal dan terus menuju sekolah, tidak singgah dimana-mana atau main-main dulu di kedai atau tempat tertentu agar siswa tidak terlambat di sekolah.

Penerapan disiplin siswa di sekolah sebenarnya untuk kepentingan siswa juga. Siswa akan belajar untuk disiplin terhadap waktu sehingga dapat belajar di sekolah tepat pada waktunya. Selain itu kebiasan disiplin waktu semasa sekolah akan bermanfaat kelak bagi siswa bila sudah terjun ke dunia kerja. 

Lihat juga : Tips dan Cara Mengurangi Siswa Terlambat Sekolah
Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan suatu kerja sama dan sama-sama bekerja semua warga sekolah, termasuk pihak pengelola kantin yang ada di lingkungan sekolah..

2 Responses to "Disiplin Sekolah Ditegakkan untuk Kepentingan Siswa Juga"

  1. Dibarengi dengan pembinaan dan pencerahaan. Saya sangat senang dan mendukung sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...Disiplin sekolah dan sanksinya memang harus diiringi dengan pembinaan dan pencerahan terhadap siswa...

      Hapus